news

Tips & Tricks
Tips Ngedrift ala Supermoto

view
137
like  
0

Friday, 30 November 2018


Posted by : Administrator

Supermoto memang semakin diminati di Indonesia, tapi bagi para penggemar motor trail khususnya, banyak yang berpendapat bahwa supermoto di tanah air hanya masih sebatas aliran modif. Banyak orang yang memiliki motor trail jenis ini atau memodif motor mereke sehingga menjadi supermoto tapi untuk urusan teknik masih minim.

Supermoto itu memang menarik, bila melihat para pebalap supermoto berlaga, sering terlihat beberapa aksi khas dirt bike dilakukan di atas jalanan aspal. Mulai dari cornering dengan power slide hingga drift biasa dilakukan.

Salah satu trik yang biasanya menarik untuk disaksikan saat menonton supermoto adalah drift. Banyak yang beranggapan bahwa para pengendara supermoto sengaja melakukan drift saat melakukan cornering. Ternyata drift ini terjadi secara natural. Kemampuan pengendara melakukan late braking dan down shift secara harmonis, bila dilakukan dengan tepat akan membuat teknik drift muncul dengan sendirinya. Luar biasa bukan?

Tapi jangan khawatir, kami akan coba jelaskan sedikit mengenai teknik drifting di atas motor, sehingga Anda bisa mencobanya pada supermoto atau motor trail kesayangan Anda.

Drifting merupakan teknik dimana pengendara sengaja melakukan oversteer hingga menyebabkan hilang traksi pada roda belakang dan tetap mempertahankan kontrol mulai dari masuk tikungan hingga keluar tikungan dengan kemudi yang berlawanan arah.

Sebelum memasuki tikungan kondisi ban belakang sudah dibuat mengunci dengan cara di rem sampai kondisi buritan sedikit mengarah keluar. Tujuannya memang untuk membuat pantat motor membentuk angle yang diinginkan.

Kemudian, disaat yang bersamaan posisi setang juga sudah di-counter, maksudnya ketika arah tikungan ke kanan setang ditekuk ke arah beralawanan atau ke kiri, begitu juga sebaliknya. Sedang posisi badan tetap miring ke dalam sesuai gerak beloknya motor.

Selanjutnya tinggal atur derajat kemiringan motor dan control bukaan gas dengan posisi setang tetap di counter. Tantangannya adalah ketika motor sudah miring, gas harus dibuka besar agar tenaga yang tersalur ke roda belakang juga besar. Jika sudah bisa mencapai kondisi di atas, harap hati-hati karena resiko highside atau terlempar dari motor cukup besar. Kuncinya ada pada kontrol gas dan kemiringan motor. Jadi selamat mencoba ya

Tags : Trial Game,Nyali Aja Ngga Cukup