caption trialgame

Tips Tepat Mengganti Busi Motor Trail

Monday, 4 December 2017

Busi pada motor trail mempunyai peran yang penting karena merupakan penghantar pengapian bahan bakar ke dalam mesin. Jika sampai komponen ini rusak, terkena air atau berkarat hingga aus,  maka motor trail  pun menjadi tidak akan menyala sehingga satu-satunya cara adalah menggantinya dengan yang baru.

Meskipun terlihat sangat mudah namun sebenarnya ada cara khusus untuk  melepas busi dari mesin motor trail. Kunci yang digunakan untuk membukanya juga harus khusus dan sesuai agar tidak rumah busi tidak slek.

Jika anda ingin membuka busi motor trail sendiri ada beberapa tips yang harus diperhatikan pertama pastikan mesin dalam kondisi dingin serta kunci busi sesuai dan usahakan memakai kunci yang panjang, setelah itu masukkan besi atau obeng ke antara lubang kunci busi lalu putar kearah yang berlawanan jarum jam.

Jika terasa berat putar secara perlahan terlebih dulu agar tidak slek dan apabila sudah terlepas periksa busi tersebut apakah masih layak digunakan atau tidak. Busi yang dalam keadaan sudah aus ujungnya berwarna hitam pekat atau terdapat kerak disekitarnya.

Sebelum memasukkan busi yang baru, bersihkan terlebih dulu menggunakan kain kering agar tidak terdapat kotoran maupun air, setelah itu masukkan ke dalam rumahnya dan putar dengan arah jarum jam. Agar semakin rapat gunakan kunci busi dan obeng di lubangnya lalu putar secara perlahan hingga pas.

Memasang busi baru sendiri memiliki sedikit berbeda daripada busi yang telah dipakai. Busi baru memiliki cincin gasket yang masih tebal.Maka unfuk memasang pertama kali harus dengan memutarnya setengah putaran (180 derajat) agar busi terpasang dengan kuat dan kedap.

Tetapi jika sudah pernah digunakan, jika dipasang kembali cukup dengan 1/12 putaran saja (30 derajat). Jangan pernah terlalu kuat mengencangkan busi, sebab akan menyulitkan saat ingin membukanya kembali. Bahkan bisa merusak ulir lubang busi pada kepala mesin.

Jika sudah terpasang dengan benar silahkan anda kick starter sebanyak lima kali dengan keadaan kunci motor off setelah itu baru gunakan starter elektrik jika ada dan motor trail pun siap kembali digunakan. 

comments

`