caption trialgame

Tutup Pentil After Market bisa Rusak Velg

Thursday, 13 April 2017

Banyak cara dilakukan oleh para pemilik motor trail agar tunggangan mereka terlihat berbeda dari yang lain. Ada yang menempelkan beragam decal atau menambah asesoris pada beberapa bagian di motor trali itu. Salah asesoris yang bisa membuat motor trail Anda terlihat sedikit berbeda adalah tutup pentil.

Saat ini tutup pentil ditawarkan dengan aneka model dan warna. Disamping untuk membedakan, tutup pentil juga bisa memberikan nuansa tersendiri pada tampilan ban motor trali Anda. Tapi tahukah Anda ternyata penggunaan tutup pentil tertentu bisa mengakiatkan kerusakan pada pelek motor.

Tutup pentil pada ban sepeda motor memiliki peran penting. Sayangnya, masih banyak yang melupakan fungsinya. Tetapi ada pula yang menggunakan produk aftermarket berbahan logam, hingga led warna-warna yang menghasilkan beragam warna dan bentuk menarik ketika roda berputar.

Tutup pentil memiliki peran sebagai pelindung agar kotoran tidak masuk dalam lubang, yang kemudian mengganjal katup dan menimbulkan kebocoran. Tutup pentil juga berfungsi mencegah angin ban terbuang saat terjadi bocor halus pada katup pentil.

Sebaiknya ketika Anda ingin menggunakan asesoris tutup pentil, perhatikan berat tutup pentil tersebut, apalagi jika terbuat dari logam. Usahakan untuk memilih yang tidak terlalu berat karena tutup pentil logam yang berat akan merusak pelek motor. Hal ini disebabkan saat berkecepatan tinggi ada pengaruh gaya sentrifugal yang akan seolah mencabut pentil dari pelek. Berbeda jika Anda menggunakannya pada mobil, karena bahan pelek mobil lebih tebal dan lebar, maka tutup pentil logam cenderung lebih aman digunakan pada mobil.

Meski pengaruhnya tidak terlalu besar pada pelek alloy dan tubeless,namun gaya sentrifugal tadi akan menggeser seal karet dan membuat angin ban bocor. Pada motor trail yang menggunakan ban dalam, gaya sentrdifugal akan membuat leher pentil seperti digeser-geser ke lubang pelek dan lama kelamaan bisa terpapas pada kondisi ekstrem.

Nah untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya lebih teliti ketika membeli asesoris tutup pentil. Dan jika ternyata Anda sudah menggunakan asesoris ini, alangkah lebih baik untuk melakukan pemeriksaan beratnya, jika dirasa terlalu berat, segera ganti dengan yang baru ya.

comments

`