news

Tips & Tricks
Ubahan Penting Motor Trail Freestyle

view
137
like  
0

Tuesday, 6 November 2018


Posted by : Administrator

Salah satu alasan orang menggemari motor trail adalah bisa melakukan freestyle di atasnya. Melompati beragam handicap, sambil melakukan beragam atraksi layaknya para profesional tentu bukanlah perkara mudah. Disamping harus memiliki skill serta keberenanian yang mumpuni, ternyata ada beberapa bagian motor yang harus diubah lho. Apalagi jika Anda ingin menekuni dunia freestyle secara profesional.

Nah komponen apa saja sih yang harus dirubah? Yang pertama adalah ukuran gir belakang. Biasanya, ukuran gir belakang jauh lebih besar dari ukuran standarnya. Ukuran Gir yang besar ini memberikan traksi awal yang lebih baik dan saat pelan. Hal ini diperlukan saat Anda melakukan atraksi seperti wheelie. Memang di pasaran saat ini, belum tersedia banyak jenis ukuran gir. Jadi tidak sedikit ternyata freestyler yang mengcustom ukuran gir sesuai selera mereka. Biasanya hal iini disebut dengan nama gear buta.

Sementara bagian lain yang mesti diganti adalah jenis ban. Biasanya ban yang kerap digunakan untuk freetsyle memiliki kompon yang lebih lunak. Jangan lupa juga untuk membuat shock breaker depan menjadi lebih keras. Hal ini akan Anda rasakan manfaatnnya saat melakukan atraksi stoppie.

Oh iya ada satu hal yang lagi yang sebenarnya tidak perlu dilakukan, tapi wajib jika Anda serius untuk menekuni freestyle motor. Ternyata amat penting untuk memindahkan atau membuat baru rem belakang berada di atas stang layaknya motor suktik. Rem belakang dimodifikasi menggunakan dua kaliper. Satu kaliper bekerja normal di kaki dan satu lagi dikontrol tangan. Ini dibuat agar lebih mudah melakukan pengendalian.

Untuk mesin sendiri, biasanya para freestyler profesional tidak melakukan ubahan berarti pada bagian ini. Bahkan sebagian besar lebih suka mengandalkan mesin orisinal bawaan pabrik karena kualitasnya yamg lebih kuat. Maklum saja freestyle tidak mengandalkan power atau tenaga dari mesin namun lebih ke daya tahan atau durability dari sebuah mesin.

Para freestyler profesional juga lebih banyak yang menggunakan motor trail tipe lama yang belum menggunakan teknologi injeksi. Mereka beralasan bahwa motor full injeksi memiliki respon bawahnya kurang yang kurang baik. Motor trail lama lebih responsif untuk putaran mesin bawah, kendati untuk urusan putaran atas tentu lebih bertenaga motor injeksi.

Tags : Trial Game,Nyali Aja Ngga Cukup