caption trialgame

Ulas Lengkap Motor Trail 250cc Pabrikan Lokal

Friday, 2 November 2018

Bagi Anda yang sudah memiliki motor trail kelas entry level, biasanya suatu saat ingin mengupgrade tunggangan Anda. Motor trail ukuran 250cc biasanya menjadi tujuan berikutnya. Tapi biasanya ada satu hal yang menghambat mereka untuk membeli motor trail 250cc yaitu harga yang cukup mahal.

Motor trail 250cc biasanya bukan merupakan motor trail dual sport, motor trail jenis adalah motor offroad tulen dengan perfroma yang bisa diandalkan. Pabrikan Jepang yang biasanya juga menjual produk mereka dengan harga miring pun, menjual motor trail 250cc mereka dengan harga yang cukup mahal. Nah, kebayangkan harga motor trail 250cc pabrikan Eropa seperti apa mahalnya.

Bagi Anda yang memiliki bujet terbatas, mau tidak mau pilihan kemudian jatuh pada motor pabrikan Cina atau lokal. Ada nama-nama seperti Viar dan Gazgas yang merupakan pabrikan lokal, kendati sebagian besar komponennya diimport dari Cina. Tapi ada pula merk asal Amerika Serikat macam Cleveland dan GPX Moto yang ternyata produksinya berasal dari negeri Cina.

Nah melalui tulisan ini kami akan mencoba menjelesakan beberapa pilihan dari produsen lokal yang bisa Anda ambil, jika memiliki bujet terbatas namun ingin mengupgrade motor trail menjadi 250cc. Untuk motor trail pabrikan Cina, kami akan ulas pada artikel lainnya ya.

VIAR
Pabrikan ini memiliki beberapa jenis motor trail 250cc yang bisa menjadi alternatif pilihan. Viar Cross X 250ES, Viar Cross X 250EC dan Viar Cross X 250SF. Viar Cross X 250ESmenggunakan frame twin spar dari bahan besi, dan desainnya cenderung mirip dengan Honda CRF250R. Viar Cross X 250ES menggunakan mesin yang cukup powerful dari basis mesin Zongshen NC250. Namun Viar Cross X 250ES memiliki kekurangan yaitu bobotnya yang cukup berat yang mencapai 120 kilogaram. Sementara itu Viar Cross X 250EC menggunakan mesin yang sama persis dengan Viar Cross X 250ES. Bedanya Viar Cross X 250EC pakai frame tubular sehingga keseluruhan desainnya cenderung mirip dengan motor offroad KTM. Performa dan bobot keduanya pun nyaris tidak memiliki perbedaan, hanya desainnya saja yang sedikit berbeda.

Nah lain dengan Viar Cross X 250SF, yang merupakan motor trail flagship alias kasta tertinggi yang dimiliki oleh Viar. Secara desain cenderung mirip dengan Viar Cross X 250ES, mesin yang digunakan juga sama dengan dua tipe lainnya, tapi perbedaannya adalah motor trail ini menggunakan frame full aluminium dan swing arm aluminium sehingga bobotnya jauh lebih enteng hanya 110 kg. Oh iya, Viar Cross X 250SF juga dilengkapi dengan suspensi merek Fastace yang bisa disetel sesuai selera.

GAZGAS
Jangan tertukar ya pabrikan GazGas dengan Gas Gas. Yang pertama adalah pabrikan lokal, sementara yang kedua adalah pabrikan asal Spanyol. GazGas memiliki dua jenis motor trali 250cc dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Gazgas GE250 GZ1 dan Gazgas GE250 GZ2.

Gazgas GE250 GZ1 mengusung desain yang mirip dengan Viar Cross X 250 ES. Basis mesinnya juga mirip, berasal dari Zongshen NC250. Hanya saja Gazgas GE 250 GZ1 diracik menggunakan frame full aluminium dan suspensi buatan Fastace. Sementara Gazgas GE 250 GZ2 tergolong sebagai versi upgrade atau special edition dari Gazgas GE 250 GZ1. Basis rangka, mesin, suspensi, dan desain sama persis,namun triple clamps Gazgas GE 250 GZ2 menggunakan CNC dan sejumlah printilan lainnya yang tentu lebih baik daripada Gazgas GE 250 GZ1.

comments

`