caption trialgame

Waduh Electric Starter Motor Trail Mati

Thursday, 19 July 2018

Perangkat ini memang belum lazim ada pada motor trail, tapi keberadaan elektric starter akan membuat hobi off road Anda menjadi lebih mudah. Bayangkan jika harus mengengkol motor trail di medan penuh lumpur. Pasti susah kan?

Motor trail keluaran terbaru biasanya memang sudah dilengkapi oleh perangkat ini, tapi ada juga lho pengguna motor trail model lama yang menambahkan electric starter pada tunggangan kesayangan mereka. Nah tapi tahukah Anda bahwa, perangkat electric starter ini bisa tiba-tiba tidak berfungsi lho. Apa saja sih penyebabnya? Simak ulasan berikut ini ya

Ada empat komponen yang menjadi penyebab elektrik starter tidak berfungsi. Yang paling utama tentus saja adalah aki, kemudian rangkaian starter (tombol starter dan kabel-kabel), relay starter, dan dinamo.Kebanyakan masalah starter mati ada di aki. Tapi jika ternyata aki masih bagus, berarti diperlukan pemeriksaan di komponen lain.

Kategori aki yang masih bagus adalah memiliki tegangan tidak kurang dari 12 volt. Jika aki motor trail Anda memiliki tegangan di atas 12 volt dan electric starter tidak berfungsi, maka hal selanjutnya yang harus diperiksa adalah rangkaian starter. Pastikan tidak ada rangkaian kabel yang putus, gunakan multimeter untuk mengecek apakah arus listriknya mengalir. Jika tidak artinya kabel harus diganti.

Oh iya pastikan juga ya, tombol starternya tidak kotor. Maklum saja, medan offroad motor trail bisa membuat beragam kotoran nyelip ditempat-tempat yang tidak terduga. Segera bersihkan jika memang tombol electric starternya dirasa kotor.

Jika ternyata masih tidak menyala juga, langjut ke perangkat berikutnya yaitu relay starter atau yang biasa disebut mekanik lokal dengan nama bendik. Komponen ini berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk memutus dan menghubungkan arus listrik yang cukup tinggi dari aki ke motor starter. Cara mengeceknya, sambung dua kabel ke aki (+ dan -), jika terdengar suara “ctrak” kondisinya bagus. Jika tidak artinya bendik sudah mati dan harus diganti baru.

Jika masalah belum terpecahkan maka langkah terakhir adalah mengecek dinamo. Kerusakan pada dinamo jarang terjadi namun jika rusak kemungkinan ada dua komponen yang bermasalah yakni sikat yang sudah aus atau kumparan yang putus. Jika sikat sudah aus maka harus diganti baru namun bila kumparan putus maka sebaiknya dibawa ke tukang servis dinamo.

Untuk mengecek dinamo gunakan multimeter, ujung positif (merah) dihubungkan dengan kabel ke motor starter, sedang ujung minus dihubungkan dengan masa. Tekan tombol starter dan lihat jika ada aliran listrik artinya dinamo rusak.

Merawat electric starter itu mudah.Penggunaan yang berimbang antara starter elektrik dan engkol bisa mengurangi kemungkinan kerusakan. Selain itu, jangan lupa ya untuk secara berkala mengecek empat komponen yang kami sebutkan di atas, agar electric starter tetap awet.

comments

`