TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Yuk Cek Kondisi Knalpot Motor Trail

Tips & Tricks 22.08.2018

Pada sistem kerja motor bensin, sisa campuran udara dan kabut bensin yang telah terbakar didalam ruang bakar dibuang melalui katub buang ke saluran yang disebut dengan knalpot. Dari materi yang keluar dari knalpot motor trail Anda dapat mengetahui kondisi umu tunggangan kesayangan Anda. Kita pun dapat mengetahui kondisi umum dari motor kita. Berikut adalah hal-hal yang bisa terjadi pada bagian knalpot motor trail Anda.

1. Knalpot mengeluarkan air ketika motor dipanaskan dipagi hari. Ini normal, air berasal dari pengembunan di dalam muffler karena udara dingin.

2. Knalpot mengeluarkan asap hitam. Ini kurang normal. Seperti diketahui tenaga mesin diperoleh dengan meletupkan campuran antara udara dan kabut bensin. Kalau asapnya hitam berarti campuran bensin lebih banyak daripada udara. Cenderung boros nih, harus disetel asupan udaranya di karburator

3. Knalpot mengeluarkan asap putih (pada motor trail 4-tak). Oli yang seharusnya melumasi parts mesin bagian bawah menerobos ke atas melalui sela-sela piston dan ikut terbakar bersama kabut bensin. Kemungkinan ring piston atau pistonnya rusak sehingga memberikan celah oli naik ke atas. Ring piston harus diganti. Kalau ternyata pistonnya juga sudah baret maka pistonnya juga harus diganti.

4. Knalpot nembak. Biasanya gejala ini muncul bila motor trail sudah mengalami modifikasi misalnya di bore-up, stroke up sehingga ukuran PJ dan MJ nya harus dinaikkan. Akibatnya suply bensin bertambah sehingga seringkali sisa pembakaran yang dikeluarkan katup buang masih banyak mengandung bensin. Motor-motor trail sekarang memiliki mekanisme untuk mengurangi pekatnya polusi karbon dengan menciptakan asupan udara segar tambahan di saluran buang. Tambahan udara segar tersebut dan panas yang tinggi seringkali menyebabkan sisa pembakaran yang masih mengandung kabut bensin tersebut dapat terbakar ulang sehingga menyebabkan ledakan di knalpot. Ini kondisi yang umum. Cukup tutup saluran tersebut dengan sekrup.

5. Knalpot mengeluarkan partikel. Kemungkinan bagian dalam knalpot sudah berkarat dan rusak. Knalpot harus diganti atau diperbaiki.

Berita terkait

News
Tips & Tricks 14.02.19

Yuk Belajar Motor Trail yang..

     Mengendarai motor trail memang bukan perkara mudah. Modal berani dan punya motor saja tentu tidak cukup. Ada banyak...

News
Tips & Tricks 14.02.19

Perhatikan Hal Ini Saat Berburu..

     Hobi motor trail memang bukan hobi yang murah, karena tanpa membeli sebuah unit motor trail, rasanya amat sangat...

News
Tips & Tricks 13.02.19

Mudah Bersihkan Karat di Foot..

     Salah satu penyakit yang paling sering menimpa motor trail adalah karat. Dan tempat yang paling sering dihinggapi oleh...