caption trialgame

Yuk Jaga Kondisi Rem Agar Tidak Blong

Friday, 15 June 2018

Supaya rem motor trail tidak gampang blong, tentunya harus rutin melakukan perawatan.Pasalnya, jika masalah ini terjadi baik itu di medan offroad atau di jalan raya, pasti akan mengancam nyawa Anda dan mungkin pengendara lainya. Apalagi jika Anda berencana untuk membawa motor trail Anda ke kampung halaman di musim mudik lebaran ini.

Makanya, alangkah baik jika Anda melakukan perawatan rem secara berkala agar kondisinya tetap prima. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan kondisi kampas rem. Kalau kampas rem sudah tipis lebih baik ganti, jangan sampai benar-benar habis tinggal besi. Jika ternyata kondisinya masih bagus, cukup dibersihkan supaya pakem dan tidak berdecit.

Untuk melakukan pengecekan pada kampas rem Anda tidak perlu membongkarnya lho. Karena keausan kampas rem bisa dikenali dari beberapa tanda. Jika ternyadi suara atau bunyi seperti “srek” saat rem digunakan itu pertanda bahwa adanya gesekan langsung antara logam besi cakram dengan besi kampas rem. Biasanya hal ini terjadi karena kampas rem sudah tipis atau maah sudah habis. Anda juga bisa langsung mengecek langsung kondisi kampas rem di kalipernya.

Sedangkan untuk rem teromol, untuk mengetahui kampas rem habis lebih mudah lagi. Jika saat menekan handle rem sudah terasa dalam dan setelan tuas rem yang ada di teromol sudah mentok, itu pertanda bahwa kampas rem Anda sudah harus diganti dengan yang baru.

Komponen piringan cakram atau disc brake juga harus rutin dicek kondisinya. Hal ini bisa dilakukan dengan kasat mata. Anda bisa melakukan pengecekan dengan melihat apakah bentuk cakram masih sempurna dan banyak bekas baretan atau tidak. Raba cakram tadi untuk merasakan ketebalannya. Jika dirasa sudah tipis dan memiliki bentuk bundar yang tidak sempurna itu tandanya harus segera menggantinya dengan yang baru.

Hal lain yang harus diperhatikan yaitu dari komponen minyak rem.Minyak rem harus rutin dikuras, baiknya setiap setahun sekali, minyak rem yang tidak pernah diganti titik didihnya sudah menurun dan tentunya tidak akan kuat menahan panas kinerja rem. Jadi, ada baiknya rutin menguras minyak rem agar kondisinya tetap prima.Maklum, minyak rem sangat penting untuk menjadi media pendorong dari piston master rem ke kaliper rem.

comments

`