caption trialgame

Yuk Rutin Merawat Rantai Motor Trail

Thursday, 19 July 2018

Seperti sudah sering diutarakan, bahwa perawatan motor trail adalah kunci untuk mendapatkan performa terbaik dan mencegah kerusakan. Dengan melakukan perawatan rutin terhadap komponen motor trail maka Anda selangkah lebih siap untuk menuju petualangan berikutnya.

Salah satu komponen yang wajib dilakukan perawatan rutin adalah rantai motor. Komponen ini sangat penting dan rentan terhadap kerusakan jika tidak diperhatikan. Jika dibiarkan berlarut-larut, bukan hanya rantainya saja yang rusak, tapi juga bisa menyebar ke komponen lain lho.

Nah kita akan jelaskan tips dan trik untuk perawatan pada motor trali Anda ya. Apa saja sih yang harus dilakukan? Simak ulasannya.

Yang pertama tentu saja adalah membersihkan rantai motor trail secara rutin. Medan yang biasa dilintasi oleh motor trail sudah pasti lintasan ekstrem. Nah bukan hanya lintasan basah saja yang bisa membuat beragam kotoran menempel pada rantai, lintasan kering juga lho. Debu-debu yang menempel bisa berpotensi meruskan mata rantai. Pastikan Anda selalu membersihkan rantai motor trail, setelah selesai melakukan petualangan ya.

Setelah itu gunakan pelumas ranta agar rantai motortetap awet. Pelumas rantai berfungsi untuk melumasi rantai motormu sampai ke celah mata rantai. Selain itu, pelumas juga membantumu membersihkan rantai motormu. Oh iya jangan gunakan oli bekas untuk melumasi rantai motor ya. Memakai oli bekas atau gemuk justru akan mengundang kotoran-kotoran yang akan menempel di rantai dan membuat rantai menjadi tidak awet. Lebih baik Anda mengeluarkan kocek sedikit lebih banyak untuk membeli chain lube daripada repot mengganti rantai motormu yang rusak nantinya.

Periksa dan lakukan penyetelan rantai secara rutin ya. Jangan lupa untuk mengecek kondisi rantai supaya tahu rantai motormu. Siapa tahu rantai motormu sudah kendur atau jangan-jangan terlalu kencang.

Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya rantai kendur, yang pertama adalah mur pada as roda belakang longgar, sehingga as tertarik maju ke depan. Jika hal ini terjadi maka Anda bisa menyetel ulang rantai dengan dengan cara mengendurkan mur as roda, lalu geser posisi as roda dengan cara memutar mur penyetel yang terletak di lengan ayun.

Hal lainnya, bisa jadi memang rantai motor trail Anda telah aus karena jam terbang yang cukup tinggi. Jika memang ternyata rantai sudah kehilangan daya regangnya, maka mau tidak mau harus mengganti dengan yang baru. Nah kami sarankan untuk selalu menggunakan rantai dan gear yang asli asal pabrikan motor trail Anda. Meski terkadang harus merogoh kocek agak dalam, tapi biasanya spare part asli tidak rentan pada kerusakan dan memiliki waktu pakai yang lebih lama, ketimbang produk-produk third party.

comments

`