caption trialgame

Acuan Murah Modifikasi Supermoto

Thursday, 11 July 2019

   Sejak diluncurkan akhir 2017 lalu, popularitas Honda CRFL150 semakin meroket. Bahkan sekarang hampir bisa dibilang bahwa, setiap orang yang baru memiliki motor trail, memilih motor pabrikan Honda ini sebagai tunggangannya.

   Nah bagi pengendara motor trail di kota besar seperti Jakarta, jalanan aspal Ibu Kota tidak begitu ramah pada perawakan asli sepeda motor trail Honda CRF150L yang pakai ban tahu sejak lahir. Ada solusi buat menyesuaikan, yaitu mengubah kaki-kaki jadi bergaya supermoto.

   Komponen paling penting untuk aplikasi supermoto yaitu mengganti pelek, tromol, dan ban. Biaya buat penggantiannya bisa ditekan hingga tidak sampai angka 4 juta rupiah lho. Penasaran kan? Nah simak ulasannya ya.

   Buat pelek, ada opsi bagi pemilik menggunakan model jari-jari ukuran 3.00/17 pada bagian depan yang artinya berukuran lebar 3 inci dengan diameter 17 inci. Sementara di bagian belakang 3.50/17. Memilih pelek supermoto untuk CRF150L susah-susah gampang. Sebab, tromol belakang CRF150L yang asli punya 32 lubang, sementara produk aftermarket yang banyak beredar di pasaran memiliki 36 lubang.

   Oleh karena itu jika tidak ingin mengganti tromol, pastikan pelek yang dibeli punya 32 lubang. Selain itu pastikan juga pelek yang dipilih berkualitas baik agar kuat mengatasi hantaman kondisi jalan rusak di permukaan aspal. Saat ini tidak banyak toko aksesori yang menjual pelek supermoto buat CRF150L, namun pencarian bisa dialihkan ke toko online. Nah kebetulan pelek produksi TK Racing, memiliki kriteria di atas, sehingga Anda tidak perlu mengganti tromol. Harganya pun tidak mahal, sepasang hanya 2,6 juta rupiah. Setelah pelek dibeli, harus dipasangi jari-jari. Merk TDR bisa menjadi pertimbangan, biasanya berikut biaya pemasangan, Anda hayna perlu merogoh kocok 270 ribu rupiah.

   Setelah pelek siap, selanjutnya memilih ban. Normalnya ukuran ban untuk supermoto 110/60/17 depan dan 130/60/17 belakang. Ban Zeneos seharga Rp900 ribu untuk depan dan belakang, bisa menjadi alternatif murah tapi tidak murahan.

   Jika ingin terlihat lebih kekar, pemilik dapat menggunakan ban 120/60/17 dan belakang 150/60/17. Namun konsekuensinya penutup rantai harus dilepas agar tidak bergesekan dengan ban. Tidak disarankan menggunakan ban ukuran lebih besar. Sebab selain bakal bergesekan dengan penutup rantai dan penutup suspensi upside-down depan, akan membuat tarikan motor terasa berat.

   Nah jika dijumlahkan total biaya yang harus dikeluarkan tidak sampai 4 juta rupiah bukan? Masih terhitung terjangkau untuk modifikasi supermoto harian. Namun modifikasi seperti ini belum bisa digunakan untuk turun di ajang lomba, seperti Trial Game Asphalt, karena ada beberapa part tambahan yang harus diganti agar performa motor maksimal saat berkompetisi.

comments

`