caption trialgame

Aduh Ini Dampak Kerusakan Catalytic Converter Knalpot

Tuesday, 27 October 2020

Aduh Ini Dampak Kerusakan Catalytic  Converter Knalpot


lKnalpot secara teknis merupakan saluran pembuangan (exhaust) sisa hasil pembakaran yang terjadi di dalam mesin motor trail. Fungsi utama dari knalpot adalah untuk meredam suara ledakan pada ruang bakar. Ledakan besar ini sejatinya memiliki suara yang sangat memekakan telinga. Umumnya knalpot pada kendaraan bermotor terdiri dari beberapa bagian yaitu Header, Resonator, dan Silencer. Pada mesin 2 tak, terdapat satu bagian lagi, yaitu Chamber. Chamber ini berbentuk layaknya tabung untuk menampung gas buang pada motor 2 Tak.

Nah salah satu bagian yang ada di dalam knalpot adalah catalytic converter atau katalis penyaring gas buang. Fungsi catalytic converter adalah mengurangi emisi gas buang, dengan cara menyaring zat polutan seperti hidrocarbon (HC) dan Nitrogen oksida (NOx). Seandainya catalytic converter mengalami kegagalan fungsi atau rusak, bakal menimbulkan beragam efek negatif bagi motor. Hasilnya emisi gas buang bakal tidak tersaring dengan baik, tentu dampaknya buruk bagi lingkungan dan bisa mengganggu kerja mesin.

Ketika rusak, penyaring gas buang berbahan logam paladium ini jadi meleleh dan menyumbat saluran gas buang dari ruang bakar. Dampaknya bakal terjadi tekanan balik berlebih ke mesin, akibatknya mesin jadi terasa tidak bertenaga.  Selain itu, tentu bacaan sensor Air Fuel Ratio (AFR) juga bisa terganggu, ditandai dengan lampu malfungsi yang menyala. Karena bacaan sensornya tidak sesuai dengan parameter yang diatur, hasilnya campuran bensin dan udaranya tidak seimbang dan bikin boros bensin.

Untuk menghidari kerusakan catalytic converter di knalpot, hindari pemakaian additif bahan bakar atau cairan pembersih mesin diluar dari anjuran pabrikan. Campuran bahan bakar dan udara yang tidak sesuai juga dapat memperparah kerusakan jika tidak segera diperbaiki.

comments

`