caption trialgame

Aki Maintenance Free Perlu Dirawat Juga!

Tuesday, 11 January 2022

Aki Maintenance Free Perlu Dirawat Juga!


Kalo Anda jeli, pasti Anda mengetahui bahwa motor trail keluaran terbaru biasanya menggunakan aki kering atau biasa disebut dengan aki maintenance free (MF). Secara fungsi, aki sendiri bertugas untuk menampung dan mengalirkan arus listrik ke sistem kelistrikan kendaraan.

Nah walau berstatus maintenance free, aki kering juga membutuhkan perawatan dalam skala waktu tertentu. Pasalnya, aki kering juga bisa mengalami soak atau kerusakan jika Anda tidak melakukan perawatan berkala terhadap masa pakainya. Jadi sebenarnya aki maintenance free butuh perawatan juga lho. Agar tetap optimal, kami akan jelaskan cara melakukan perawatan pada aki maintenance free ya.

Aki maintenance free pada kendaraan memiliki daya listrik maksimal yang memang cukup untuk mengalirkan daya ke berbagai komponen kelistrikan. Tetapi saat Andamenambah aksesoris tambahan seperti lampu tambahan, charge hp, klakson, dan sebagainya, akan membuat kerja aki menjadi lebih ekstra. Hal ini dapat menyebabkan umur aki menjadi lebih pendek. Jadi, jika ingin melakukan modifikasi seperti menambahkan aksesoris yang memerlukan daya listrik, Anda harus mengganti aki dengan daya yang lebih besar.

Oh iya, selain dapat mencapai suhu kerja mesin yang ideal, memanaskan mesin motor trail juga berfungsi untuk menjaga kondisi kelistrikan dan membuat kondisi aki maintenance free lebih stabil. Bagi Anda yang menggunakan motor trail di akhir pekan saja, alangkah baiknya untuk memanaskan mesin setiap hari. Anda dapat meluangkan waktu sekitar 10-15 menit per hari untuk memanaskan mesin kendaraan agar kinerjanya dapat tetap optimal.

Aki maintenance free memiliki katup di bagian permukaannya. Seiring penggunaan katup ini akan tertutup oleh debu dan kotoran. Kotoran tersebut nantinya akan menyumbat katup dan membuat proses penguapan aki menjadi tersumbat sehingga dapat mengganggu kinerjanya jika terus didiiamkan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda  melakukan pengecekkan dan membersihkan permukaan aki maintenance free secara rutin agar terhindar dari masalah ini.

Selain permukaan aki, terminal aki maintenance free juga tak boleh luput dari perawatan. Biasanya Anda akan menjumpai kerak di bagian terminal yang disebabkan oleh proses penguapan elektrolit dan suhu yang panas. Apabila Anda  membiarkan hal ini begitu saja, maka akan menyebabkan masalah pada sistem kelistrikan sehingga daya listrik yang dialirkan oleh aki tidak bisa optimal. Untuk membersihkan terminal aki, Anda bisa mencucinya dengan air panas atau melumasinya dengan gemuk atau grease.

Aki biasanya memiliki pengikat dan dudukan yang berfungsi untuk menahan sekaligus menjaga posisi aki tetap stabil saat melewati jalanan yang tidak rata. Apabila pengikatnya longgar akan membuat posisi aki berubah-ubah hingga bisa saja membuat aki terlepas. Maka dari itu pastikan aki berada tepat pada dudukannya serta seluruh baut pada pengikat dalam keadaan kencang sehingga tidak membuat posisi aki berubah selama kendaraan berjalan.

Dan yang terakhir adalah cek kondisi alternator dan regulator.  Alternator bertugas untuk mengubah sebagian putaran mesin menjadi energi listrik. Sedangkan regulator berfungsi untuk mengatur kestabilan arus pengisian. Jika dua komponen ini mengalami masalah, maka ada pengisian yang tidak maksimal. Hal ini tentu akan membuat kinerja aki menjadi berat dan membuat aki cepat soak. Nah banyak juga ternyata perawatan yang harus dilakukan pada aki maintenance free ya.

 

comments

`