caption trialgame

Aksi Alex Rins di atas Supermoto

Thursday, 21 May 2020

Aksi Alex Rins di atas Supermoto


Wabah Corona memang belum berakhir, tapi berkat perencanaan penanganan yang tepat, beberapa negara Eropa sudah mulai membolehkan beragam aktivitas kendati masih harus dibatasi. Salah satu kegiatan yang diperbolehkan adalah latihan olahraga dan otomotif menjadi salah satu yang mulai menggeliat.

Setelah Valentino Rossi, salah satu pebalap MotoGP lainnya yang telah memulai latihan adalah Alex Rins. Belum lama ini pebalap team Suzuki Esctar ini memulai latihan di Sirkuit Pas de la Casa, Andora. Dan uniknya seperti Rossi, dia menggunakan motor trail Suzuki yang telah dimodifikasi menjadi supermoto.

Rins menggunakan dua jenis motor trail berkubikasi kecil yaitu Suzuki GSX-R125 dan RM-Z450. Kali ini kita akan bahas sedikit mengenai RM-Z450 year 2020 yang digunakan Rins ya. Suzuki menyematkan mesin berkubikasi 450 cc dengan teknologi DOHC pada RM-Z450.

Sedangkan fitur lainnya yang tak kalah menarik adalah Suzuki Holeshot Assist Control (S-HAC). Kelebihan fitur ini adalah memungkinkan kontrol yang lebih baik pada kondisi jalan yang ekstrem. Pengendara juga bisa memilih mode berkendara sesuai kebutuhan.

Motor ini juga dibekali motor ini dengan suspensi terbaru dan juga fitur keseimbangan yang mampu merespon kondisi jalan yang dilalui dengan lebih baik. Kok bisa? Maklum saja RM-Z450 memiliki suspensi depan coil-spring 49 mm dari Showa, suspensi belakang Showa BFRC (Balance Free Rear Cushionserta memilikik rate pegas suspensi belakang yang lebih ringan, settingan damping suspensi depan dan belakang yang berbeda.

Kendati tidak menggunakan motor yang biasa digunakan pada lomba MotoGP namun hal ini tidak mengurangi kegembiraan Rins yang baru saja menyelesaikan masa isolasi selama dua bulan ."Saatnya kembali bekerja, senang rasanya bisa kembali ke sirkuit sampai ketemu nanti MotoGP," tulisnya di akun Instagram miliknya.

Oh iya sirkuit Andorra Pas de la Casa ini bukan trek high speed melainkan teknikal yang banyak tikungan patah dan sempit. Dengan menggunakan motor dengan kubikasi mesin yang kecil dia bisa lebih mengasah teknik dan skill untuk bisa mengontrol motor di tikungan sempit dan patah. Buat yang penasaran dengan aksi Alex Rins di atas Supermoto, simak videonya di akun instagram @alexrins ya.

comments

`