caption trialgame

Baca Dulu Ini Sebelum Ganti Kampas Kopling Ya!

Tuesday, 6 September 2022

Baca Dulu Ini Sebelum Ganti Kampas Kopling Ya!


Sudah pasti Anda akan melakukan beberapa penggantian komponen pada motor trail Anda. Entah karena memang jam terbang yang tinggi, sehingga komponen tersebut sudah tidak prima lagi, atau menggantinya untuk mendapatkan performa lebih.

Kampas kopling memilki peran penting bagi sepeda motor bertransmisi manual. Saat mengalami keausan dampaknya bisa menyebabkan banyak masalah. Uuntuk menghindari hal tersebut baiknya Anda wajib mengetahui masa pakainya. Namun, saat pemasangan komponen baru tidak selamanya tinggal langsung pasang.

Kampas kompling memerlukan perlakukan khusus saat memasang baru. Komponen ini  bertugas mentransfer daya mesin dan biasanya berbahan asbes khusus tahan gesek, karena gesekan dalam mesin amat luar biasa.

Untuk meningkatkan kemampuannya biasanya komponen ini akan semakin bagus jika terlebih dahulu direndam oli. Kampas kopling yang bagus akan semakin mencengkram bila terkena oli, berbeda dengan kampas kopling motor matic yang tidak terendam oli.

Mengapa hal ini harus dilakukan ? ternyata penggunaan kampas baru tidak disarankan langsung pasang di motor. Kampas kopling harus direndam oli karena Oli di mesin tidak merendam kampas kopling seluruhnya. Dan jika langsung dipasang kampas akan cepat habis karena friksi yang berlebih dan cepat gosong karena kampas tersebut kering.

Untuk proses perendaman sendiri biasanya tidak memerlukan waktu yang lama, kurang lebih sekitar 1 jam saja sudah cukup untuk membuat kampas kopling motor trail Anda menjadi lebih awet.  Tapi merendamnya jangan menggunakan oli bekas ya. Gunakan oli baru agar tekstur kampasnya lebih menyatu.  Oh iya proses ini berlaku untuk semua jenis bahan kampas kopling ya tanpa terkecuali, jika Anda ingin komponen ini lebih berumur panjang.

 

comments

`