caption trialgame

Bedah Motor Trail Enduro Sang Juara

Sunday, 19 May 2019

Alex Salvini adalah mantan pembalap MXGP asal Italia yang pindah haluan menjadi pembalap enduro. Dan kini menjadi salah satu pembalap top di kancah balap Enduro World Championship. Dia bahkan berhasil memenangkan kejuaraan ini beberapa waktu yang lalu. Pada tahun 2019 ini Alex mengarungi EnduroGP kembali dengan Honda dan motor yang digunakannya adalah Honda CRF450RX Enduro. Nah kita bedah yuk, apa saja sih isi motor enduronya?

Motor 450 cc 4-tak yang dipakainya ini menggunakan platform dasar CRF450RX yang merupakan motor dengan genre cross-country. Namun motor itu diganti mesinnya menggunakan mesin motocross CRF450R dengan gearbox 5-speed. Keuntungannya adalah power yang dihasilkan lebih besar dibandingkan dengan mesin CRF450RX. Tim mekaniknya harus melakukan sejumlah modifikasi di bagian mesin, terutama di bagian piston untuk menurunkan kompresi mesin. Maklum, motor ini nantinya akan dipakai untuk balap enduro, bukan balap motocross, jadi mesti punya durabilitas mesin yang lebih baik.

Selain rumit dalam mengerjakan engine mapping, kerumitan lainnya ketika mengerjakan sistem knalpot buatan Termignoni. Knalpot ini disebut sudah sesuai dengan regulasi pengetesan suara dari FIM, tapi karena mesin motocross sendiri punya suara yang lebih kuat, maka perlu melakukan sejumlah ubahan. Meskipun demikian, tim mekaiknya sukses membuat knalpot Termignoni dengan power band yang cocok untuk enduro, lebih presisi, dan power lebih terkontrol. Knalpot Termignoni tidak membuat power menjadi lebih smooth atau lebih jinak, tapi dia lebih bisa mengontrol power motor.

CRF450RX ini menggunakan filter udara buatan Twin Air, radiator sebelah kiri diberi kipas tambahan, dan suspensi depan yang standar diganti dengan Showa Factory (Showa SFF Air Forks) yang didatangkan langsung dari Jepang. Kemudian di stang juga dipasangi steering damper untuk menjaga kestabilan motor. Beberapa printilan kecil lainnya sudah terpasang di motor Salvini seperti skid plate AXP, pelindung linkage dari CSP (Costa Special Parts), serta triple clamps yang lebih kuat, tutup master silinder rem, dan sistem quick release pada roda dan lain-lain semuanya disuplai oleh CSP.

CRF450RX juga dilengkapi dengan handlebar Domino, tuas kopling hidrolik buatan Magura, dan dipadu dengan sistem kopling manual dari Rekluse. Tangki bahan bakarnya pun diganti plastik (standarnya titanium), footpegs diganti dengan posisi dibuat agak ke belakang, dan jok dibikin lebih tinggi daripada standar. Cakram rem depan-belakang diganti dengan merek Braking karena diklaim bisa lebih cepat bersih ketika terkena lumpur dan kampas rem juga pakai merek Braking, sedangkan kaliper tetap menggunakan Nissin yang menjadi standar CRF450. Pada sprocket dan rantai, Salvini memilih menggunakan produk buatan Sunstar lantaran sprocket standar menurutnya terlalu lemah sehingga gampang hancur. Gearbox masih menggunakan standar motocross CRF450R, hanya saja final gear diubah, di mana motocross menggunakan gear belakang 49 mata tapi Salvini pakai 51 mata.

Untuk menunjang perfoma yang gemilang, beragam modifikasi di atas sepertinya memang wajib untuk dilakukan. Maklum saja di ajang lomba tentu semua ingin menjadi yang terbaik bukan?

comments

`