caption trialgame

Cek Ilmu Dasar Kuasai Tanjakan dan Turunan Motor Trail!

Tuesday, 18 May 2021

Ilmu Dasar Kuasai Tanjakan dan Turunan


Salah satu keseruan dalam trabasan adalah tidak bisa ditebaknya beragam handicap atau hambatan yang bakal ada saat melintasinya. Tapi ketahuilah pasti bahwa hampir sebagian besar lintasan offroad di dunia memiliki dua handicap ini yaitu tanjakan dan turunan.

Melibas tanjakan dan turunan seolah menjadi ilmu dasar pertama yang harus dikuasai oleh para penggiat motor trail, baik itu pemula maupun yang sudah kenyang makan asam garam. Lalu hal-hal apa saja sih yang harus dilakukan saat melibas tanjakan atau turunan? Apa tidak bisa langsung geber gas langsung saja biar motor bisa segera sampai di akhir tanjakan atau turunan? Dengan tenaga motor trail yang cukup besar, solusinya tidak bisa semudah itu, namun tidak serumit yang Anda yang bayangkan juga. Untuk lebih jelasnya lebih baik simak ulasan dibawah ini ya.

Ketika menghadapi jalan menanjak, posisi disarankan berdiri, terutama ketika menghadapi tanjakan yang tinggi guna menghindari motor terbalik. Jika tanjakannya tidak ekstrem, diperbolehkan posisinya duduk. Selanjutnya ketika berdiri, badan melewati posisi setang. Posisi  kedua kaki tetap menjepit bodi motor atau knee grip guna tetap stabil serta tangan memegang handle kuat dan rileks supaya motor mudah diarahkan. Gunakan juga gear dan putaran mesin yang tepat agar kuat menanjak dan mesin motor tidak mudah mati.

Hindari melakukan pengereman yang keras, baik rem depan atau belakang untuk menjaga putaran mesin dan kecepatan yang baik. Saat akan sampai di puncak tanjakan, tutup gas atau gunakan tenaga inersia motor. Hindari gas terbuka penuh yang berisiko akan membuat motor mudah jumping.

Sementara itu, saat melewati jalan menurun disarankan posisi badan agak condong ke belakang, terutama saat melewati jalan menurun yang curam untuk menghindari motor terpelanting ke depan atau stoppie. Jika kondisi jalan mulus bisa sambil duduk, namun jika jalan rusak agak diangkat sedikit dari jok agar guncangan tidak sampai badan.  Posisi tangan agak lurus dan rileks. Kemudian, posisi kaki mendekap bodi motor dan berat pengendara ditumpu di kaki agar keseimbangan tetap terjaga. Terakhir, gunakan gear yang tepat dan hindari penggunaan rem secara keras serta tiba-tiba agar tidak mudah slip atau terjatuh. Gimana ? tidak sulit bukan ?

comments

`