caption trialgame

Cek Kelengkapan Motor Trail Dual Sport!

Thursday, 15 July 2021

Cek Kelengkapan Motor Trail Dual Sport!

 
Motor trail biasanya terbagi dalam kelompok, yaitu street legal dan motor kompetisi. Motor trail yang digunakan untuk kompetisi secara spesifik digunakan untuk kebutuhan khusus, baik balap, hobi, atau sekadar olahraga. Motor trail ini berbeda dibandingkan dengan motor trail biasa yang sering ditemui di jalan raya. Motor trail kompetisi dijual secara off the road. Artinya, tidak dilengkapi dengan dokumen atau surat-surat, baik itu Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) atau Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Sesuai dengan aturan yang berlaku dan tertulis di Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) Pasal 68, dijelaskan bahwa setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi dengan STNK dan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor). Kelaikan yang dimaksud yaitu adanya sistem pencahayaan, seperti lampu depan, lampu belakang, dan lampu sein, serta spion. Sedangkan, motor trail kompetisi tidak dilengkapi dengan itu semua. Jika Anda nekat membawa motor trail jenis ini ke jalan raya, siap-siap saja untuk mendapat surat cinta dari bapak polisi.

Sementara untuk motor trail street legal biasanya sudah memiliki beragam kelengkapan yang membuat motor trail ini layak untuk digunakan di jalan raya. Tapi biasanya kendati sudah memiliki beragam atribut tadi, terkadang masih ada 1-2 yang tetap terkena tilang karena ada perangkat yang tidak sesuai dengan standar. Dan biasany perangkat yang paling banyak disepelekan adalah spion.

Yup, sesuai peraturan, polisi akan tilang kendaraan jika tidak pakai kaca spion. Tapi ada beberapa motor trail yang menggunakan spion tadi masih terkena tilang. Agar tidak kena tilang oleh polisi, kaca pion yang digunakan juga harus standar pabrik dalam artian sesuai fungsinya bukan sekadar gaya.

Supaya tidak terkena tilang oleh polisi gunakan spion seperti standar pabrik yaitu 3/4 bagian kaca bisa melihat bagian belakang. Meski pakai spion tetap ditilang oleh polisi biasanya tidak menunjang keselematan.  Seperti spion model variasi atau aksesoris biasanya lebih pendek dari standar pabrik. Salah satu spion variasi yang tetap kena tilang oleh polisi yaitu model jalu atau bar end mirror. Spion model seperti ini posisinya berada di bawah setang.

Poin utama, spion dapat melihat ke belakang dan samping. Untuk spion jelas harus sesuai dengan aturan, posisi spion harus berada di atas setang kendaraan bagi roda dua. Tidak boleh ada di bawah setang motor. Dan ini sudah tertuang dalam undang-undang lalu lintas.

Oh iya  kaca spion juga harus terpasang di kedua sisi secara utuh. Jika hanya di salah satu sisi, tetap akan dikenakan tilang. Satu yang perlu diketahui, pabrik sudah mendesain spion sebaik mungkin. Jadi kalau mau mengubah harus melihat manfaatnya, jangan asal pasang.

 

comments

`