caption trialgame

DIY Ganti Minyak Rem Motor Trail!

Wednesday, 1 September 2021

DIY Ganti Minyak Rem Motor Trail!


Mengganti minyak rem pada motor trail memang harus dilakukan, agar perfoma rem pada setiap kendaaraan selalu baik. Selain itu, menggati minyak rem juga salah satu perawatan kendaaraan yang harus di lakukan secara rutin, hal ini tentu saja mengingat jika fungsi dari Rem ini sangat lah vital.

Nah kali ini kami akan mengenai cara mudah mengganti minyak rem  tanpa harus pergi ke bengkel. Proses perawatan ini memang bisa Anda lakukan dirumah, yang penting Anda sudah mengetahui kisi-kisinya. Oh iya, sebelum  mengganti minyak rem, siapkan beberapa peralatan yang di butuhkan seperti obeng, kunci ring 10, selang kecil, penampung, kain lap dan minyak rem baru.  Ada dua piliha minyak rem untuk motor yakni DOT3 dan DOT4. Untuk minyak rem DOT4 memang memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan minyak rem DOT3. Hal ini menandakan jika minyak rem DOT4 memiliki kualitas yang lebih bagus. Nah jika semuanya sudah siap, yuk langsung simak ulasannya.

Langkah petama yang harus diperhatikan adalah memasang selang kecil pada baut bleeder. Hal ini digunakan untuk menguras minyak rem. Pertama buka penutup baut blerder lalu posisikan kunci ring 10 pada baut bleeder. Setelah itu, Anda bisa menancapkan ujung selang kecil pada nipple bleeder sementara ujung lainya Anda letakan pada penampung minyak rem bekas.

Selanjutnya Anda perlu membuka nipple bleeder dengan memutar baut bleeder ke arah kebalikan jarum jam (mengendorkan). Putar hingga baut dirasa kendur, lalu tekan rem hingga beberapa kali. Pada proses ini, minyak rem dari dalam saluran hidrolis akan keluar melalui nipple bleeder melewati selang dan tiba pada penampung. Terus kocok rem hingga aliran minyak rem terhenti. Nah, setelah minyak rem habis, maka tuas rem akan terasa ringan.

Setelah itu, buka tutup reservoir dengan menggunakan obeng yang ujungnya plus .Reservoir merupakan tangki penyimpan cadangan minyak rem. Reservoir biasanya memiliki bentuk kotak dan pada penututupnya terdapat dua buah baut skrup. Reservoir ini biasanya juag terdapat pada bagian stang motor dan diposisikan agak masuk kedalam head cover motor. Jadi kami sarankan berhati-hatilah saat melepaskan tutup reservoir tersebut.  Isi minyak rem yang baru pada reservoir tersebut. Sama seperti yang diatas, minyak rem baru juga memiliki zat asam yang mampu membuat cat motor terkelupas. Jadi sebaiknya kami sarankan untuk berhati-hati dalam menggnati minyak rem tersebut dan jangan sampai tumpah kepada body motor tersebut.

Setelah resevoir terisi penuh, maka kocok tuas rem hingga beberapa kali, dengan kondisi baut nipple bleeder masih terbuka. Ini akan menyebabkan minyak rem baru pada reservoir masuk kendalam saluran hidrolis dan mendorong minyak rem lama keluar menuju nipple bleeder. Akan tetapi perhatikan juga volume minyak rem pada reservoir dan disarankan jangan sampai habis. Oleh karena itu, hentikan mengocok tuas rem hingga minyak rem pada reservoir hampir habis.

Selanjutnya, tutup kembali nipple bleeder dengan menggunakan kunci 10 ring yang masih tertempel. Namun bisarkan selang menempel pada nipple bleeder. Lalu, isi juga minyak rem pada reservoir hingga penuh. Setelah semua selesai dilakukan saatnya melakukan bleeding rem atau membuang angin pada cakram rem.

 

Setelah minyak rem terisi penuh  kocok dan tekan tuas rem beberapa kali hingga terasa berat. Jika tuas rem sudah dirasa berat maka tehan tuas rem lalu buka baut bleeder. Saat Anda membuka baut bleeder maka minyak rem yang ada pada saluran hidrolis akan keluar bersama dengan gelembung udara dan tuas rem yang Anda tahan akan melemah. Kemudian kencangkan lagi baut nipple bleeder ketika tuas rem sudah menyentuh stang.

Nah, jika rem sudah normal dan tidak ada gelembung udara yang keluar dari nipple maka kencangkan baut bleeder dan lepas selang dari nipple bleeder lalu tutup dengan baut penutupnya. Sementara itu, dibagian atas isi lagi minyak rem hingga penuh, kemudia tutup kembali reservoir dan kencangkan kedua baut skrup menggunakan obeng. Prosesnya memang terhitung panjang, tapi bisa kok dilakukan sendiri di rumah. Nah selamat mencoba.

 

comments

`