caption trialgame

Gokil Ducati Siap Rilis Motor Offroad!

Tuesday, 12 October 2021

Gokil Ducati Siap Rilis Motor Offroad!


Pabrikan motor asal italia dikenal sebagai penghasil motor nomor wahid, mulai dari motor road race, street bike hingga motor adventure. Namun pabrikan ini boleh dibilang jarang merilis motor yang berfokus pada offorad, oleh karena itu tidak heran jika kemudian dunia otomotif sedikit heboh saat mereka mengumumkan akan merilis motor offroad terbaru mereka yang bernama Desert X pada 9 Desember mendatang.

Pabrikan Italia pertama kali memamerkan konsep Desert X di EICMA 2019. Setelah mendapat respons baik dari para pecinta roda dua, tampaknya Ducati melanjutkan proyeknya itu ke produksi massal. Desert X sendiri terinspirasi dari model ikonik yang berkompetisi di zaman keemasan Desert Rally. Bentuk bodi serupa dengan Cagiva Elefant Paris-Dakar bertenaga Ducati yang lahir di era 80-an. Semua bodywork dibuat kaku dengan tarikan tegas, mengingatkan kembali gaya reli retro.

Desert X meminjam skema warna dan garis-garis dari sepeda motor Dakar. Headlmap LED bulat ganda di bagian wajah telah disamarkan oleh potongan plastik hitam tembus pandang. Memberi getaran retro, tanpa harus benar-benar memiliki dua lampu depan bundar besar yang disadap di bagian depan. Diakhiri pula dengan DRL melingkar.

Mencerminkan gaya reli klasik sekaligus memperbarui tampilan untuk audiens modern.uat menunjang perjalanan jauh, diberikan dua buah penampung bensi. Satu tangki di depan dan sisanya di belakang sebelah kiri. Untuk perjalanan panjang, kursi penumpang dapat dilepas. Membelah tangki di bagian belakang ada rel bagasi yang kuat. Terlihat seperti tempat yang kokoh untuk dipasangkan bagasi tambahan atau bisa dijadikan untuk menaruh peralatan berkemah. Bila tak digunakan bisa bermanfaat untuk mengangkat Desert X dari lubang ataupun lumpur. Kasar namun halus, itulah gambaran yang cocok buat Desert X. Mengusung desain tak lekang zaman dan siap melibas beragam medan kasar.

Untuk bagian kaki-kaki, kedua roda jenis ruji dibungkus dengan ban offroad Pirelli Scorpion. Suspensi depan punya jarak main yang panjang dan dapat disesuaikan. Ground clearance dari motor konsep ini adalah 275mm, dan diharapkan ia memiliki jarak yang sama. Konsep asli dibangun di atas sasis Scrambler 1100. Ditenagai oleh mesin Desmodromic L-Twin 1.079cc 2-katup, berpendingin udara, yang menghasilkan 86 tenaga kuda pada 7.500 rpm dan torsi 88 Nm di putaran 4.750 rpm. Hasil yang cukup kompetitif untuk segmen motor ADV di masa sekarang.

Untuk edisi terbarunya konon Desert X akan menggunakan mesin  Testastretta L-Twin 937cc berpendingin air yang mampu menyemburkan 113 Hp pada 9.000 rpm dan torsi 96 Nm di kitiran 7.750 rpm. Sama seperti yang digunakan oleh Multistrada 950. Meski berpindah ke mesin yang lebih kecil, tenaga dan torsi meningkat pesat.  Makin gak sabar nunggu akhir tahun bukan?

comments

`