caption trialgame

Ini Cara Rawat Motor Trail Tua Agar Awet

Tuesday, 20 October 2020

Ini Cara Rawat Motor Trail Tua Agar Awet


Mengkoleksi motor-motor tua atau vintage menjadi salah satu hobi yang mulai marak kembali. Hal ini juga berlaku di kalangan penggila motor trail.Tentu, banyak faktor yang melatarbelakangi  orang mulai mengoleksi motor-motor tua ini, namun tidak sedikit yang kurang memahami cara merawat yang benar. Anda harus siap atas segala konsekwensinya jika terjadi kerusakan atau penggantian suku cadang mengingat umumnya sangat sulit mencari spare part karena sudah tidak produksi lagi. Nah, untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi, tentu saja harus memahami tips merawat motor tua. Karena, hal ini sangat perlu dipahami agar motor tua tetap awet dan mesinnya masih gahar tak kalah dengan motor rilisan terbaru.

Yang pertama adalah jaga agar motor tidak berkarat. Suatu kewajaran jika karat adalah satu problem paling besar yang umumnya dialami oleh motor tua. Salah satu komponen yang rentan terhadap karat pada motor tua adalah bagian rantainya mengingat akan sangat mudah teroksidasi, sehingga mudah aus dan rontok. Guna mencegah hal tersebut, disarankan untuk secara rutin melumasi bagian rantai agar rantai bisa bekerja dengan normal sebagaimana mestinya.

Tips merawat motor tua yang harus Anda lakukan yakni dengan selalu melakukan pengecekan kondisi aki dengan rutin. Karena, dalam berbagai kasus, aki adalah komponen yang paling sering mengalami kerusakan dan bermasalah. Maka dari itu, sesering mungkin untuk mengecek keadaan aki, khususnya pada motor tua. Disarankan untuk mengganti aki jika usianya sudah tua. Namun, jika Anda enggan mengganti aki, ada baiknya untuk membeli alat pengisi daya aki untuk isi ulang dari waktu ke waktu. Hal ini untuk berjaga-jaga agar ketika daya pada aki habis, bisa langsung diisi mengingat bila aki tidak diisi ulang, kinerja sistem kelistrikan motor pun dipastikan bakal terganggu bahkan beberapa bagian motor bisa rusak.

Selain itu, hal yang bisa Anda lakukan sebagai tahapan dalam penerapan tips merawat motor tua adalah dengan secara rutin melakukan pelumasan di bagian piston dan silinder. Hal ini dilakukan agar silinder dan piston tidak berkarat sehingga meski motor jarang digunakan, performanya akan tetap handal. Jangan lupa untuk melumasi piston dan silinder ini. Anda bisa melakukannya seminggu sekali atau dua minggu sekali tergantung kondisi.

Nah yang terakhir adalah rajin melakukan pengecekan pada komponen busi. Hal ini berkaitan erat dengan proses pembakaran, terutama saat mesin dihidupkan. Umumnya, motor tua memiliki kondisi mesin yang perlu mendapat perhatian lebih intens. Karenanya, busi yang selalu terjaga kondisinya akan membuat mesin pada motor tua Anda semakin awet. Jadi, dengan rajin mengecek kondisi busi secara tak langsung juga meminimalisir sekaligus mencegah terjadinya kerusakan di sektor mesin.

 

 

comments

`