caption trialgame

Ini Fungsi dan Cara Pasang Stabilizer Rantai Motor Trail

Sunday, 21 July 2019

Salah satu keunggulan dari motor trail adalah tangguh untuk dikendarai di medan off-road yang sulit. Namun, berkendara di jalur off-road memiliki rintangan yang berbeda dan cukup ekstrim. Untuk itu, motor trail dibekali dengan part yang cukup penting, yaitu, stabilizer rantai atau slider rantai.

Fungsi dari stabilizer rantai untuk menghindari rantai geser atau terlepas jika kendur.Jadi, fungsinya adalah menjaga rantai tetap berada di jalurnya. Pemakaian di medan off-road kan guncangannya sangat ekstrim. Selain itu, jarak main swing arm juga jauh untuk motor trail. Fungsi lain dari stabilizer rantai ini adalah untuk membersihkan rantai saat kotor terkena lumpur. Rantai yang penuh dengan lumpur atau tanah dapat mempengaruhi performa motor.

Stabilizer Rantai ini merupakan sebuah alat yang memiliki bantalan roda yang gunanya untuk menyangga rantai dan ikut berputar bersama putaran gear, Tensioner Rantai ini disangga besi yang disematkan pada bagian swing-arm atau lengan ayun motor.

Stabilizer rantai bisa juga digunakan untuk motor-motor yang digunakan di jalan raya. Namun fungsinya ya tentu berbeda dengan yang dipasang pada motor trail. Stabilizer rantai pada motor biasa juga dapat berfungsi untuk menjaga rantai tetap pada jalurnya. Selain itu, bisa menekan rantai yang kendur agar tetap stabil.

Dengan beragam kegunaan seperti dijelaskan di atas, stabilizer tantai juga bisa membuat rantai rantai awet dan gear tidak runcing atau terkikis karena gesekan saat menikung, selain itu juga dapat meminimalisir suara berisik yang terjadi akibat gesekan mata rantai. Selain itu, pemasangan stabilizer rantai juga dapat meredam getaran pada rantai.

Cara pemasangan alat ini juga terbilang mudah kok, yang pertama tentu saja pastikan bahwa rantai motor trail Anda bersih dari lumpur, agar proses pemasangan lebih muda. Kemudian lepas penutup belakang stabilizer rantai dan masukan ke swing arm. Oh iya pastikan lebarnya cukup dan ditempatkan yang pada posisi yang pas ya. Pasang penutup belakang lalu kencangkan jangan lupa kencangkan juga dibagian roller . setelah itu atur tingkat ketinggian dibawah bodi stabilizer dan arahkan roller ke rantai motor trai. Ingat harus pas ya, jangan sampai meleset.

comments

`