caption trialgame

Ini Fungsi Lain Klakson Motor Trail Jangan Dicopot Kalau Pakai Di Jalanan!

Wednesday, 1 December 2021

Ini Fungsi Lain Klakson Motor Trail Jangan Dicopot Kalau Pakai Di Jalanan!


Klakson pada motor trail bukan merupakan hal esensial, apalagi jika motor trail tersebut hanya digunakan untuk trabasan atau lomba. Namun hal itu akan berbeda jika motor trail digunakan untuk kegiatan harian. Klakson adalah salah satu piranti wajib yang harus dimiliki oleh semua kendaraan yang menggunakan jalan raya.

Bahkan jika diketahui kendaraan tidak memiliki klakson atau tidak bisa diaktifkan maka akan dikenakan sanksi berupa dendaa. Nah pada kendaraan bermotor sendiri, entah itu roda dua dan empat, fungsi klakson sebagai alat komunikasi antar kendaraan. Lebih dari itu, klakson merupakan salah satu fitur keselamatan, yang berguna untuk meminimalkan potensi risiko berkendara.

Komunikasi di jalan tetap harus berjalan antar kendaraan bermotor, apapun jenisnya. Hal tersebut demi keselamatan, karena ada beberapa titik blind spot ketika sedang berkendara, ataupun sedang dalam kondisi kurang aware terhadap sekitar, klakson bisa jadi alat pengingat. Biasanya frekuensi suara klakson juga dibedakan antara kendaraan kecil seperti motor, kendaraan ringan (mobil) dan kendaraan besar (truk/bis). Semakin besar kendaraan semakin besar frekuensi suaranya.

Sebenarnya, tidak ada ketentuan tertulis yang mengatur tentang teknis pemakaian klakson. Namun berdasarkan setiap tujuannya, berikut ini panduan bagi Anda untuk membunyikan klakson ketika sedang mengendarai motor trail Anda di jalan raya ya.

Yang pertama adalah untuk menyampaikan keberadaan Anda atau posisi Anda. Saat ada kendaraan lain yang tiba-tiba berpindah jalur ke jalur Anda di depan, bunyikanlah klakson. Jadi, pengendara tersebut bisa mengetahui keberadaan Anda dan menjadi lebih waspada. Dalam kondisi ini, cukup bunyikan klakson satu atau dua kali.

Saat melintasi persimpangan jalan dengan keterbatasan visual bagi pengendara dari arah berlawanan, Anda dapat membunyikan klakson pendek satu kali. Jadi, tidak usah membunyikan klakson panjang-panjang, selama melewati persimpangan itu.

Dan yang terakhir adalah untuk menyampaikan terima kasih.  Ada kalanya Anda membunyikan klakson pendek untuk menyapa tetangga yang sedang mencuci motor kesayangannya di garasi rumah. Namun, klakson juga dapat dibunyikan sebagai ucapan terima kasih, ketika pengendara lain ‘memberikan’ jalan kepada Anda.

Nah demikian panduan untuk menggunakan klakson di jalan raya ya, jangan gunakan klakson untuk hal-hal yang tidak berguna, seperti mengintimidasi pengguna jalan lain, atau mencari perhatian. Oh iya panduan ini hanya untuk di Indonesia saja ya, jika Anda kebetulan pernah bepergian keluar negeri, jangan sembarang membunyikan klakson, karena bisa memancing keributan lho.

comments

`