caption trialgame

Ini Fungsi Lampu Sen Yang Jarang Diketahui!

Monday, 20 September 2021

Ini Fungsi Lampu Sen Yang Jarang Diketahui


Jika motor trail Anda merupakan motor trail dual sport, maka sudah pasti motor tersebut memiliki piranti street legal, dan salah satu piranti tersebut adalah lampu sen. Lampu sen berperan penting menyampaikan pesan kepada pengguna jalan lain ketika Anda hendak berpindah jalur, putar balik, atau belok. Menyalakan lampu sen dengan benar pun ternyata mampu mengurangi risiko insiden maupun kecelakaan di jalan.

Nah ternyata untuk bisa menggunakan lampu sen dengan tepat, ada ketentuan yang mesti Anda pahami dan terapkan. Soalnya ternyata, lampu sen kanan dan kiri memiliki fungsi tersendiri, baru tahu kan? Nah seperti apa fungsi masing-masing lampu sen? Simak ulasannya ya

Lampu sen kanan harus dinyalakan sebelum Anda berbelok ke kanan atau berpindah ke jalur kanan, misalnya ketika akan mendahului kendaraan di depan. Sementara itu di jalanan dua arah, Anda pun dapat menggunakan sen kanan untuk memberikan isyarat pada pengendara di belakang bahwa arus dari arah berlawanan, aman untuk dipakai menyalip.

Meski demikian, jika ada kendaraan lain yang akan menyalip Anda dari arah berlawanan tapi tidak cukup ruang, nyalakan sen kanan. Jadi, pengendara tersebut bisa mengurungkan niatnya. Fungsi lain dari sen kanan adalah sebagai isyarat kendaraan di belakang sebelum Anda mendahului kendaraan di depan. Setelah selesai mendahului dan kembali ke jalur awal, jangan lupa matikan lampu sen.

Seperti namanya, lampu sen kiri harus dinyalakan ketika Anda akan berpindah jalur ke kiri, belok kiri, maupun menepi. Jadi, kendaraan di belakang bisa ancang-ancang dengan mengurangi kecepatan.  Fungsi lain dari lampu sen kiri adalah sebagai isyarat ketika akan mendahului kendaraan di depan dari arah kiri. Kondisi ini tak jarang dijumpai di jalan satu arah antarkota antarprovinsi. Soalnya di sana, truk maupun kendaraan besar lain cenderung berada di jalur kanan.

Tak hanya itu, sebaiknya lampu sen kiri juga dinyalakan untuk memberi kode kepada pengendara di belakang, sebelum Anda menyalip di jalur berlawanan. Pastikan Anda menyalakan lampu sen kiri setidaknya tiga detik sebelum pindah jalur, dengan memastikan ada cukup ruang untuk bergerak di jalanan. Selain itu, bunyikan klakson pendek ya. Nah demikian penjelasan mengenai fungsi sen kiri dan kanan, jadi penggunaannya bukan hanya untuk belok saja ya.

 

comments

`