caption trialgame

Ini Lho Kelebihan Helm Modular Sport

Tuesday, 14 January 2020

Helm berfungsi sebagai pelindung kepala pengguna motor trail, sehingga saat terjadi kecelakaan bisa meminimalisir efek terburuk akibat benturan tadi. Nah saat ini tentu sudah banyak beragam pilihan helm yang bisa Anda gunakan, mulai dari helm dual purpose, helm full face, helm half face, helm open face dan helm modular.

Melalui tulisan ini kami akan mengulas mengenai helm modular yang sangat digemari oleh para pengguna supermoto terutama saat melakukan touring. Helm modular atau juga dikenal dengan nama flip up, sekilas tampak tidak memiliki perbedaan dengan helm full face. Namun helm jenis ini memiliki fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh helm full face yaitu adanya mekanisme buka tutup pada bagian dagu.

Nah, mekanisme ini memungkinkan moncong helm dibuka atau diangkat sehingga bentuknya menjadi half face.Umumnya helm jenis flip-up/modular juga dilengkapi double visor dan berbobot lebih berat dibanding full face biasa.

Lantas apa kelebihan lainnya dari helm modular ini? Menggunakan helm modular diyakini lebih memiliki jarak serta sudut pandang yang lebih luas, karena padangan tidak banyak terhalang. Belum lagi jika bagian dagu dibuka makan angin bisa lebih banyak masuk.

Nah bagi Anda yang menggunakan supermoto untuk kegiatan harian, helm modular terhitung enak dan nyaman digunakan lho, apalagi kalau menggunakan di kota besar seperti Jakarta yang rawan macet. Saat macet, atau lampu merah, bagian moncong depan helm tinggal Anda buka, dan bisa menikmati angin disaat cuaca panas. Nah jika terjebak dalam lalu lintas yang tersendat, helm ini memiliki manfaat yang lebih lho. Anda bisa bernapas lebih lega ditengah keruwetan lalu lintas yang biasanya akan menyesakan dada.

Helm modular memiliki tingkat keamanan yang sama dengan helm full face untuk itu ideal juga jika digunakan touring jarak jauh. Apalagi biasanya helm jenis ini juga dilengkapi dengan fitur dual visor, yang membuat berkendara di siang hari tetap nyaman dan anti silau.

Selain itu, kebanyakan helm modular memiliki ventilasi di beberapa sisinya sehingga memungkinkan udara bersirkulasi dengan baik. Ventilasi semacam ini sangat penting karena memungkinkan pengendara untuk berkonsentrasi pada mengendarai bahkan jika cuaca yang lembab.

Nah jika ada nilai minusnya, yang pertama adalah bobot yang biasanya cukup berat dibandingkan jenis helm lainnya. Jika tidak terbiasa, bukan mustahil menggunakan helm ini bakal membuat leher pegal lho. Dan yang kedua adalah helm jenis modular biasanya memiliki harga jual yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan jenis lainnya.

comments

`