caption trialgame

Ini penyebab Sound Effect pada Knalpot Motor Trail 4-Tak

Wednesday, 23 September 2020

Ini penyebab Sound Effect pada Knalpot Motor Trail 4-Tak


Kendati belum populer tapi populasi motor trail 4-tak semakin banyak di Indonesia. Ada yang menggunakannya untuk kegiatan harian tapi tidak sedikit pula yang hanya menggunakan untuk kegiatan trabasan. Nah bagi para pengguna motor trail 4-tak apalagi bagi mereka yang sebelumnya tidak pernah menggunakan motor trail jenis ini, mungkin pernah terganggu dengan suara yang sering terdengar dari knalpot, terutama ketika baru saja digunakan. Suara yang seperti knalpot diketuk-ketuk (ting-ting) pelan itu terdengar dengan ritme yang sama dan berlangsung hingga beberapa saat.

Yang pertama kali terlintas di pikiran tentu saja adanya masalah pada bagian knalpot motor trali Anda. Tapi jangan berpikiran negatif dulu karena memang suara sound effect pada knalpot motor trail 4-tak ternyata adalah hal yang wajar lho.

Suara tersebut bukan sebagai tanda bahwa ada kerusakan pada sepeda motor apalagi pada bagian pembuang asap tersebut. Suara tersebut adalah efek dari pemuaian yang terjadi pada knalpot. Karena knalpotnya panas sehingga memuai dan setelah digunakan, posisi knalpot akan kembali seperti sebelumnya. Sehingga memunculkan suara suara tersebut.

Bahkan, jika pada dudukan knalpot terdapat sebuah jarak sedikit maka bunyi yang muncul akan lebih keras lagi. Tapi sekali lagi kami tegaskan bahwa bunyi-bunyian tersebut wajar terjadi pada motor bermesin empat langkah.

Nah kondisinya berbeda dengan motor trail 2-tak yang tidak memiliki sound effect pada knalpotnya. Kejadian bebunyian ini tidak terjadi pada motor trail 2-tak karena proses pendinginan pada motor trail jenis ini lebih cepat dibandingkan dengan motor trail 4-tak.

Proses pendinginan yang lebih cepat ini, terbantu adanya oli samping yang membasahi batang knalpot. Dengan adanya oli tersebut, maka proses pendinginan knalpot setelah digunakan akan lebih cepat sehingga tidak akan terdengar bunyi seperti motor empat tak. Jadi gak usah khawatir lagi ya, jika motor trail 4-tak Anda mengeluarkan sound effect dari knalpotnya.

comments

`