caption trialgame

Ini ‘Rahasia’ Bikin Visor Helm Anti Buram. Paten!

Thursday, 7 January 2021

Ini ‘Rahasia’ Bikin Visor Helm Anti Buram. Paten!


Helm motor trail biasanya menggunakan goggle untuk melindungi mata dari angin atau debu. Tapi bagi yang menggunakan motor trail untuk kegiatan harian, biasanya menggunakan helm standar yang memiliki visor. Ada kalanya visor tersebut harus dibersihkan sehingga tetap jernih dan tidak buram. Nah kali ini kami akan memberikan tips-tips dan langkah-langkah yang harus dilakukan agar visor tetap terpelihara dengan baik. Simak ulasannya ya.

Visor atau kaca helm berfungsi untuk melindungi pandangan dari debu, sinar matahari, pasir, hingga hewan-hewan kecil. Visor pun bisa membuat pengalaman berkendara jadi jauh lebih nyaman. Karena fungsinya tersebut maka biasanya visor akan kotor karena penumpukan debu. Dan jika kotor sudah pasti akan mengganggu pandangan Anda.

Nah, untuk membuat visor jadi kembali jernih layaknya baru dan tidak buram, yang pertama kali harus dilakukan tentu saja adalah melepaskan kaca helm terlebih dahulu.Langkah ini sebenarnya opsional, hanya saja jika kaca helm dalam kondisi terpasang bisa membatasi gerak saat membersihkan visornya.

Setelah itu basahi visor dengan air bersih atau air sabun untuk menghilangkan seluruh debu dan kotoran yang menempel di permukaan kaca. Kemudian yang ketiga, gunakan visor cleaner. Alat ini dibuat khusus untuk membantu membersihkan permukaan visor yang kotor dan memiliki noda yang susah dibersihkan. Jika Anda menggunakan helm yang cukup mahal, sayang bukan jika visornya tergores saat dibersihkan.

Visor cleaner yang bagus adalah yang terbuat dari alcohol-based. Dengan komposisi ini, produk jadi lebih mudah menguap dan tidak meninggalkan bekas noda cairan. Visor cleaner pun bisa didapati dengan mudah di toko online maupun offline. Untuk cara pemakaiannya, cukup semprot atau oles ke permukaan kaca helm, tunggu sekitar 2-5 menit, lalu lap dengan kain microfiber atau tisu. Terakhir, bilas kembali kaca helm dengan air bersih dan lap sampai kering total agar kaca helm tidak lembab dan bekas air tidak membekas.

Untuk merawat visor sebaiknya  untuk selalu lap helm sebelum atau sesudah digunakan, dan hindari meletakkan helm di bawah terik sinar matahari karena bisa memacu visor jadi cepat buram dan kusam. Selain itu, apabila helm digunakan di tengah hujan, jangan lupa untuk segera dibilas dengan air bersih dan dilap demi menghindari risiko karatan pada beberapa komponen besi helm dan agar visor tidak lembab dan memicu jamuran.

comments

`