caption trialgame

Inovasi Baru : Kipas Mesin Motor Trail

Friday, 9 August 2019

   Beberapa produsen motor trail semakin gencar merilis motor trail yang menggunakan kapasitas mesin kecil untuk menjaring minat para pendatang baru yang ingin mencoba hobi garuk tanah ini. Biasanya motor trail jenis ini masih belum memakai sistem pendingin radiator sehingga hanya memanfaatkan pendingingan udarar lewat kisi-kisi yang ada pada blok mesin.

   Akibatnya jika motor trail lama digunakan untuk terabas mesin bisa mengalami overheat dan Anda harus menunggu lama sampai mesin kembali dingin sebelum bisa memulai kembali petualangan Anda. Nah kini ada solusi baru untuk mendinginkan mesin yaitu dengan menambah kipas pada bagian mesin dengan harapan mesin menjadi lebih cepat dingin.

   Ukuran kipas pun tidak terlalu besar, sehingga tidak mengganggu mobilitas Anda di atas motor trail maupun menambah bobot motor itu sendiri. Pemasangannya terhitung tidak rumit, Kabel-kabelnya disambung ke kabel body saja, lalu ditambahkan tombol on/off di area setang. Jadi ketika mesin mulai mengalami gejala overheat bisa kita dinginkan dengan menekan tombol tersebut.

   Inovasi ini terhitung membantu karena biasanya motor trail yang dipakai trabasan biasanya menggunaakn kecepatan yang rendah sehingg mesin minim mendapatkan hembusan angin yang diperlukan untuk proses pendinginannya.

   Pemasangan kipas pada mesin ini juga berguna bagi Anda yang telah mengupgrade mesin. Maklum saja, mesin yang sudah di overhaul biasanya cenderung lebih mudah panas, karena besarnya tenaga yang dihasilkan.

   Untuk biaya sendiri, tidak terhitunga mahal. Anda cukup mengeluarkan uang sebesar 270 ribu rupiah untuk kipas, serta 100 ribu rupiah untuk biaya bracket serta pemasangan. Lho perlu bracket juga? Iyalah Agar terpasangnya kuat maka harus menggunakan dudukan dari aluminium yang kuat dan tahan panas. Maklum saja motor trail rawan mengalami benturan atau jatuh, jika bracket yang digunakan tidak kuat makan kemungkinan penyok atau lepas amat besar. Nah buat pengguna motor-motor trail cc kecil seperti Honda CRF 150L atau Kawasaki KLX 150 boleh mencoba solusi ini jika memang mesin dianggap gampang panas.

comments

`