caption trialgame

Inovasi Tiga Jenis Husqvarna 701

Friday, 15 November 2019

Belum lama ini bertempat di kota Milan, Italia, produsen motor trail Husqvarna meluncurkan beragam produk terbaru mereka. Dan salah satu yang paling banyak menarik perhatian adalah Husqvarna 701. Tidak tanggung-tanggung, mereka merilisnya dalam tiga bentuk variant yaitu Enduro, Supermoto dan dan Enduro Long Range.

Secara umum memang tidak terlalu banyak banyak perbedaan spesifikasi Husqvarna 701 edisi baru maupun lama. Mesinnya masih memiliki kapasitas 692,7cc satu silinder berpendingin radiator dengan teknologi throttle by wire.

Namun pada edisi terbarunya ada sedikit pebedaan yaitu bisa menghasilkan 6bhp tenaga tambahan, membawa hingga tenaga puncak 74bhp pada putaran 8000rpm. Torsi juga meningkat, hingga 52ftlb diputaran 6750rpm. Mesin baru ini juga dilengkapi dengan poros kontra penyeimbang kedua untuk mengurangi getaran. Sebuah throttle baru 50mm untuk meningkatkan respon throttle.

Namun pada rilisan terbaru dibekali beragam fitur electronik terbaru yang sangat lengkap. Sebut saja beragam pilihan riding mode, cornering ABS, easy shift function, dan lean angle sensitive motorcycle traction control. Semuanya bisa di-setup sesuai dengan selera dan dan kebutuhan.

Lantas, apa yang membedakan jenis enduro long range dengan tua tipe lainnya? Ternyata Husqvarna 701 Enduro LR punya dua tangki bahan bakar. Satu tangki ada di belakang dengan kapasitas 13 liter, sedangkan tangki tambahannya ada di depan jok seperti motor trail normal berkapasitas 12 liter. Otomatis kapasitas tangki bahan bakar Husqvarna 701 Enduro LR adalah 25 liter. Mereka mengklaim bahwa dalam satu kali pengisian bahan bakar, seri Enduro Long Range bisa menempuh jarak hingga 500 kilometer. Luar biasa bukan?

Model 710 ini dibekali transmisi 6-percepatan dengan slipper clutch produk Adler Power Torque Clutch (APTC). Perangkat ABS untuk mencegah roda mengunci saat direm menjadi peranti standar. Nah pada jenis supermoto ada sebuah fitur bernama supermoto yang jika diaktifkan ban belakang akan mudah sliding layaknya pro.

Teknologi canggih dibenamkan pada 701 Supermoto, termasuk ride-by-wire dan tiga setelan mesin ”Standard”, “Soft”, dan “Advanced”. Tiga mode itu bisa diubah dari tombol di bawah jok, yang akan mengontrol tenaga dari ban belakang berdasarkan kondisi.

Image credit : motofire.com

comments

`