caption trialgame

Jangan Abaikan Perawatan Spion Motor Trail!

Monday, 20 September 2021

Jangan Abaikan Perawatan Spion Motor Trail


Spion memang bukan piranti wajib bagi motor trail yang hanya digunakan untuk trabasan. Tapi piranti ini wajib dimiliki jika motor trail Anda digunakan untuk lomba atau kegitana sehari-hari. Jujur saja, pasti banyak para pengguna motor yang lalai untuk merawat bagian ini, dan bagian dari spion yang harus mendapatkan perhatian lebih adalah area bau dan drat.

Spion rawan karat di area baut dan drat-nya , hal ini bisa makin parah jika karet pelindung spion rusak atau tidak terpasang. Padahal karet tersebut berfungsi sebagai penahan air dan kotoran masuk ke area baut dan drat. Batang spion rata-rata terbuat dari besi, makanya jadi rawan karat. Nah kalau sudah muncul karat, efeknya spion bisa macet dan gak bisa diputar.

Makanya disarankan untuk sering melumasi area baut spion dengan penetran untuk menghindari karat di area tersebut. Nah jika karet pelindung baut dan drat di kaca spion motor tersebut mulai robek atau rusak, usahakan cepat diganti ya, harganya juga biasanya tidak terlalu mahal, kisaran di bawah 50 ribu rupiah.

Seperti telah disebutkan fungsi spion terhitung vital karena tanpa adanya kaca spion, rasanya berkendara jadi kurang aman karena enggak bisa mengintip keadaan lalu lintas di samping belakang kanan dan kiri. Dan piranti ini merupakan piranti wajib yang harus dimiliki motor-motor street lega.

Nah, kalau kaca spion kusam dan kotor bagaimana bisa melihat ke sisi belakangnya? Salah satu cara merawatnya adalah dengan menghilangkan noda air atau jamur yang ada di kaca.  Noda air dan jamur ini terjadi karena sering terpapar sinar matahari dan air hujan yang dibiarkan mengering.

Untuk menghilangkan noda dan jamur, Anda bisa menggunak campuran cuka dengan air. Mudah kok, yang pertama siapkan sikat gigi, cairan cuka, air, dan kain bersih. Kemudian campurkan cairan cuka dan air dengan perbandingan 2:1, kemudian larutkan. Setelah itu celupkan kain bersih ke dalam cairan cuka dan air yang sudah dicampur tadi.

Usapkan kain yang telah dibasahi ke seluruh permukaan spion. Setelah cairan merata, tunggu 15-20 detik, kemudian gosok perlahan menggunakan sikat gigi. Kemudian bilas dengan air bersih,dan  lap hingga kering. Untuk hasil maksimal, ulangi cara ke-4 sebanyak 2 sampai 3 kali.

 

 

comments

`