caption trialgame

Jangan Paksa Motor Trail Bawa Barang!

Tuesday, 7 September 2021

Jangan Paksa Motor Trail Bawa Barang!


Motor trail adalah tunggang segela medan untuk segala situasi. Tidak heran jika kemudian motor trail digunakan untuk beragam kegiatan mulai dari melepas penat, trabasan, kegiatan sehari-hari, bekerja hingga membawa barang. Namun seperti kendaraan roda dua lainnya, motor trail memiliki kapasitas terbatas untuk menampung barang bawaan..

Membawa barang dan penumpang memang bukanlah hal baru bagi motor trail, namun membawa barang yang berlebihan tentu bisa melanggar peraturan menyebabkan terjadinya potensi yang berbahaya.  Karena ruang penyimpanan pada motor sangat terbatas, maka Anda wajib memperhatikan faktor-faktor penting ketika membawa barang mengingat beberapa pengendara mengalami kecelakaan yang disebabkan lebihnya kapasitas barang bawaan yang dibawa saat menggunakan sepeda motor.

Pada dasarnya motor trail  tidak di desain untuk membawa barang bawaan dalam jumlah banyak dan berat. Sebaiknya barang bawaan yang dibawa dengan batas yang wajar dan tidak mengganggu ketika berkendara baik untuk pengendara itu sendiri maupun orang lain. Nah ada beberapca cara yang harus harus diperhatikan saat bawa barang di motor agar tetap aman dan nyaman, apa saja sih tips nya? Simak ulasan di bawah ini ya.

Bila Ana membawa  barang berdimensi besar pastikan terikat kencang di jok belakang, disarankan agar dimensi barang yang dibawa tidak terlalu besar agar tidak membahayakan pengendara maupun pengguna jalan lainnya.  Barang yang dibawa juga disarankan agar tidak menutupi lampu sein agar saat berbelok ke kanan atau kiri, pengendara lain dapat melihat lampu isyarat sein.

Pengemudi harus leluasa saat mengendarai sepeda motor maka tidak disarankan barang yang dibawa melebihi lebar stang kemudi dan menutupi pandangan pengendara terhadap kaca spion. Jadi lebih baik jika barang yang dibawa tidak melebihi bahu pengendara dan tidak lebih lebar dari stang kemudi agar tidak menutupi fungsi dari kaca spion. Pastikan barang bawaan terikat kencang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, paling tidak meminimalisir barang terjatuh.

Dan yang paling utama tentu ajalah kesadaran diri. Jika barang yang akan dibawa memiliki jumlah dan dimensi yang besar. Memang tidak disarankan untuk menggunakan motor untuk membawanya. Jangan memaksakan diri untuk tetap membawanya ya, lebih baik menggunakan kendaraan yang diperuntukan untuk membawa barang seperti ini, contohnya adalah mobil angkutan barang. Lebih baik jaga keselamatan diri sendiri dan orang lain ya, daripada memaksakan diri dan kemudian membahayakan lingkungan sekitar.

 

 

comments

`