caption trialgame

Kenalan Lagi Yuk Sama Supermoto

Tuesday, 28 June 2022

 

Kenalan Lagi Yuk Sama Supermoto


Supermoto sebenarnya termasuk ke dalam salah satu olahraga di bidang otomotif. Kendaraan yang digunakan dalam olahraga ini memiliki kemampuan ekstrim, maksudnya dapat dipacu di tiga lintasan berbeda, antara lain road race (aspal), off road (tanah), atau flat track (pasir). Karena memiliki kemampuan untuk melintas di berbagai medan, maka kendaraan tersebut juga dikatakan sebagai motor super. Sementara untuk lintasan yang digunakan pada supermoto, biasanya diselenggarakan pada track aspal 50-75% dan sisanya adalah lintasan tanah atau off road

Tak sedikit bahwa supermoto adalah motor trail atau off road yang dibekali dengan ban aspal dengan ukuran roda yang sama antara depan dan belakang. Anggapan tersebut ada benarnya, namun masih kurang tepat. Umumnya, supermoto menggunakan velg ukuran ring 17. Berbeda dengan motor trail yang menggunakan ukuran berbeda antara ban depan dan belakang, seperti depan ring 19 dan belakang ring 16, atau depan ring 21 dan belakang ring 18.

Salah satu bagian vital yang ada di motor bergaya supermoto ada di bagian kaki-kaki. Kaki-kaki harus ramah terhadap jalan aspal namun wajib sigap menerima berbagai handicap. Komponen yang paling bisa dicirikan dari modifikasi supermoto yakni pada penggunaan ban on-road dan pelek lebar.

Namun, dalam memilih pelek dan ban untuk modifikasi supermoto jangan asal harus sesuai dan proporsional. Kalau sesuai regulasi balap, lebar pelek belakang tidak boleh lebih 3,50 inci dan depan biasanya yang bagus 2,75 inci.  Sedangkan ukuran lebar ban juga tidak terlalu lebar, supaya lincah saat di lintasan. Untuk ukuran lebar ban depan 110 sedangkan lebar ban belakang 130.  Pemilihan ban dengan ukuran ban yang lebih lebar kalau untuk harian bisa lebih lebar tapi harus ada perhitungannya. Yang jelas harus memperhatikan apakah mentok dengan swing arm motor.

Perbedaan supermoto dengan motocross dari segi spesifikasi juga bukan hanya terletak pada bannya saja, tapi juga terletak di bagian setang. Untuk supermoto, lebar setang yang digunakan tidak selebar motor trail. Sementara di sektor pengereman, supermoto menggunakan spesifikasi cakram yang lebih lebar dari yang digunakan motor trail pada umumnya. Kenapa? Karena biasannya dengan ban street dan digunakan di jalan aspal kecepatan dari supermoto umumnya lebih tinggi dibandingkan saat motor trail digunakan di jalan off road. Jadi butuh peranti pengereman lebih baik yakni salah satunya dengan diameter cakram lebih besar.

Jalanan yang tak selalu aspal mulus, model motor tinggi, tapi ban tak pakai jenis ”pacul” membuat supermoto cocok sebagai kendaraan harian. Apalagi motor model ini juga sudah lengkap dengan lampu-lampu, termasuk sein, kaca spion, dudukan pelat nomor, membuat motor jenis supemoto siap meluncur di jalan raya.

 

 

comments

`