caption trialgame

Kenalan yuk Dengan Oil Cooler Motor Trail

Monday, 4 November 2019

Dalam lomba Trial Game Asphalt, utamanya yang turun dalam kelas trail 250cc, penggunaan oil cooler diwajibkan bagi seluruh partisipannya. Nah tidak semua orang mengerti fungsi dan cara kerja oil cooler, jangan khawatir, melalui artikel ini kami akan mengulasnya untuk Anda.

Menjaga suhu mesin untuk tetap dingin saat motor digeber untuk jarak jauh adalah hal yang sangat penting agar performa tetap terjaga dan tenaga tak loyo alias ngempos. Nah salah satu caranya adalah dengan memasang oil cooler. Motor trail yang turun dalam lomba Trial Game ASphalt sudah pasti mengalami modifikasi, menggunakan knalpot racing, ganti kraburator dan lain sebagainya. Untuk itulah pemasangan oli cooler itu menjadi penting.

Fungsi oil cooler menjaga suhu oli agar tetap terjaga saat temparatur mesin panas. Walhasil, pelumasan di mesin tetap berjalan secara optimal dan komponen-komponen yang bergesekan tetap terlindungi karena viskositas atau kekentalan oli tetap terlindungi atau tidak berubah secara ekstrim.

Kelebihan lainnya adalah, oil cooler itu bekerja bisa menjangkau seluruh bagian mesin. Bahkan, bisa menembus ke celah yang terkecil, misalnya celah antara piston dengan dinding silinder. Sehingga piston juga ikut didinginkan.

Sejatinya, antara radiator dan oil cooler memiliki fungsi yang nyaris sama yakni sama-sama sebagai pendingin mesin. Bedanya, pada oil cooler cairan pelumas itu didinginkan dengan cara membuat jalur agar oli terpompa ke oil cooler, daan saat melewati oil cooler itulah oli mengalami pendinginan.

Sedangkan radiator bertugas mendinginkan dinding piston atau blok mesin yang memanas saat proses pembakaran di mesin berlangsung. Mekanismenya, air radiator dipompa ke blok motor dan mengalir lagi ke radiator, sehingga proses pendinginan mesin berlangsung secara terus menerus.

Soal keunggulan, masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Sebab, pabrikan tentu telah memperhitungkan dengan cermat terhadap perangkat untuk motor buatannya itu.Mereka juga telah menghitung kapasitas dan kemampuan kedua perangkat itu saat mesin bekerja secara maksimal. Nah gimana sudah jelaskan sekarang fungsi dan kegunaan oil cooler.

comments

`