caption trialgame

Kenali Beragam Jenis Bahan Dasar Helm

Wednesday, 6 July 2022

Kenali Beragam Jenis Bahan Dasar Helm


Saat mengendarai motor trail, salah satu perlengkapan yang wajib digunakan adalah helm. Alasan utamanya tentu saja untuk melindungi kepala dari benturan jika terjadi kecelakaan dan melindungi muka Anda dari beragam benda asing yang bisa menabrak muka Anda saat trabasan. Tidak ada seorangpun yang bisa menjamin keselamatan Anda saat mengendarai motor trail, namun dengan memakai helm saat berkendara dapat meminimalkan resiko terbenturnya kepala pada suatu benda bila pengendara motor terjatuh atau mengalami kecelakaan. Helm memang tidak menjamin seluruh organ tubuh akan aman, namun akan melindungi kepala Anda.

Nah helm sendiri memiliki beragam jenis bahan dasar yang berbeda, namun biasanay ada tiga jenis bahan dasar helm yang banyak beredar di pasaran. Tentu saja kualitas bahan dasar menentukan harga serta kualitas dari helm itu sendiri. Apa asih sih bahan dasar yang biasa digunakan untuk membuat helm? Simak ulasannya ya.

Yang pertama adalah termoplastik. Bahan ini merupakan salah satu jenis plastik yang berubah bentuk saat terpapar panas. Jadi termoplastik akan lunak jika dipanaskan dan mengeras di suhu dingin. Ini jenis helm paling murah karena proses pembuatannya pakai mesin. Gak heran jika helm dengan bahan dasar termoplastik menjadi helm yang paling banyak edarannya. Hampir sebagian besar helm yang beredar di pasar Indonesia menggunakan bahan dasar ini.

Kemudian yang kedua adalah tri fiber composite. Dari namanya saja sudah menjelaskan ada tiga material yang menyusun cangkang atau shell helm jenis ini. Pertama Fiber, Kevlar dan Karbon dicampur kemudian dicetak. Kelebihnya helm jadi lebih rigid namun mempunyai bobot yang ringan. Selisih bobobtnya nya bisa sampai 150 gram lebih ringan dibandingkan dengan helm jenis termoplastik. Jika biasanya helm berbahan termoplastik memiliki rata-rata berat 1,5 kg, helm tri fiber composite memiliki berat sekitar 1,3 kg. Selisih berat ini cukup terasa jika Anda menggunakan helm dalam rentang waktu yang cukup lama. Oh iya helm ini  sudah pasti lebih rigid sehingga saat benturan helm bisa menyerap dengan maksimal.

Dan yang terakhir adalah pure carbon. Helm berbahan dasar karbon biasanya merupakan helm impor yang diproduksi di Amerika atau Eropa. Proses pembuatannya biasanya melalui sistem blow molding. Jadi prosesnya semi manual antara manusia yang menyiapkan resin dan serat karbon. Kemudian ditiup menggunakan mesin di dalam cetakan. Setelah dingin cangkang atau shell akan mengeras tinggal dirapikan dan dicat.  Keunggulan helm yang pakai serat karbon full adalah lebih enteng dari Termoplastik dan Tri-Fiber Composite itu sendiri. Selain ringan, tentunya pemilihan bahan karbon full juga karena sudah diuji aman untuk meredam benturan. Gak heran memang jika helm berbahan carbon ini memiliki harga jual yang cukup mahal.

comments

`