caption trialgame

Kenali Beragam Jenis Valve Cap

Wednesday, 5 October 2022

Kenali Beragam Jenis Valve Cap


Ayo komponen apa yang biasanya paling dipandang sebelah mata oleh para pengguna motor trail atau kendaraan pada umumnya ? jika Anda menjawab valve cap atau tutup pentil, tepat tebakan Anda. Meski bentuknya kecil. tutup pentil mobil dan motor dibuat dalam beberapa jenis bahan dan memiliki bentuk berbeda. Bentuk yang berbeda-beda biasanya digunakan pada tutup untuk fungsi dekoratif.

Namun secara umum, pentil menjalankan fungsi mencegah masuknya kotoran dan menjaga tekanan udara, valve cup dibedakan berdasarkan bahan pembuatnya. Tapi tahukah Anda ternyata tutup pentil terbagi menjadi 3 jenis, sesuai dengan bahan dasar yang digunakannya, yaitu plastik, metal dan indikator. Penasaran kan bedanya apa saja? Simak ulasannya ya.

Jenis tutup pentil yang paling banyak digunakan adalah tutup pentil berbahan plastik. Tutup pentil jenis ini sangat mudah ditemukan dan biasanya merupakan standar bawaan dari beragam pabrikan motor. Sayangnya, bahan ini tidak terlalu awet, apalagi jika terlalu sering mencopotnya. Jika menggunakan valve cup dari bahan plastik, memang perlu dilakukan pergantian dalam kurun waktu tertentu. Jika tidak diganti, tutup akan longgar yang kemudian bisa membuat ban menjadi kurang angin.

Usahakan mengganti tutup jenis ini ketika sudah mulai longgar. Jangan dibiarkan, karena kemungkinan akan jatuh dan hilang. Harga tutup ini bisa dibilang sangat murah. Jadi, Anda tak perlu menghabiskan banyak uang walau sering menggantinya.

Yang kedua adalah tutup pentil berbahan metal. Nah tutup pentil jenis ini lebih kuat dan lebih awet daripada yang berbahan plastik. Dan bisa menjalankan fungsinya dengan baik, untuk menangkal debu, kotoran, serta air saat hujan lebat. Sayangnya, kelemahannya adalah mudah berkarat akibat sering terkena air dan mengalami kondisi lembab. Setelah berkarat pada bagian ulirnya, tutup akan sulit dibuka menggunakan tangan. Untuk mengatasinya perlu mengolesinya dengan oli atau membukanya dengan  menggunakan tang.

Jenis yang terakhir adalah indikator. Ini merupakan jenis  yang paling baik dari dua jenis sebelumnya. Pasalnya ini telah dibekali oleh fasilitas indikator yang bisa menunjukkan berapa tekanan angin dalam ban. Indikator ditandai dengan warna, mulai dari yang paling aman yaitu hijau, kuning, dan merah yang paling berisiko. Dengan menggunakan tutup pentil jenis ini kian mempermudah Anda dalam meningkatkan keamanan berkendara.

comments

`