caption trialgame

Kenali Tanda Motor Trail Harus Servis Rutin!

Wednesday, 24 November 2021

Kenali Tanda Motor Trail Harus Servis Rutin!


Bagi Anda yang menggunakan motor trail untuk kegiatan harian, pasti ada kalanya malas untuk melakukan servis rutin bagi tunggangan Anda. Beragam alasan mulai dari belum ada waktu, males, hingga menunggu waktu gajian, sering terdengar.

Servis motor trail  secara berkala sudah menjadi bagian dari kewajiban para penggunanya demi keselamatan dan kenyamanan, maklum saja jika terlalu lama tidak diservis, tak hanya menjadi cepat rusak, motor juga dapat membahayakan pengemudi saat berkendara. Kerusakan motor yang tidak ditangani dengan baik dapat menjadi semakin parah, dan biaya servis semakin membengkak. Oleh karena itu, melakukan servis rutin akan menghabiskan biaya yang lebih terjangkau.

Nah sebaiknya kenali beragam gejala yang biasanya dialami jika motor trail segera memerlukan servis rutin. Apa saja ya gejalanya? Yang pertama adalah berat di tarikan awal.Tarikan motor terasa berat artinya saat digas, motor tidak melaju dengan cepat. Ketika tarikan sudah terasa seperti itu tandanya motor harus segera diservis di bengkel. Jangan sampai dibiarkan karena kerusakan bisa menjadi makin parah dan berakhir motor mogok.

Jika motor mengeluarkan suara yang tidak seperti baisanya atau menjadi lebih berisi, itu tanda bahwa sudah perlu melakukan perawatan. Pemakaian rutin dapat menyebabkan mesin motor menjadi aus. Apabila mendengar suara asing, Anda harus segera mencari tahu sumber dari suara tersebut. Beberapa contoh suara yang biasanya muncul adalah: suara berderik/berdesing dari mesin, suara berisik dari rantai, suara terseret-seret pada belt motor matik, dan suara gesekan dari cakram. Penyebabnya bermacam-macam seperti busi yang aus atau oli yang mungkin sudah perlu diganti. Oh iya Penggunaan motor terus menerus dapat merubah setelan karburator sehingga menimbulkan getaran berlebih pada body motor olkeh karena itu karburator perlu disetel ulang.

Jika Anda mengendarai motor trail 4-tak, semestinya, teknologi motor saat ini menjadikan motor tidak berasap. Jika ada asap yang keluar dari knalpot, maka perlu diwaspadai. Jika keluar asap hitam tandanya ada masalah di karburator. Sementara jika keluar asap putih, hal ini bisa disebabkan oleh masalah pada piston sehingga oli ikut terbakar.

Nah salah satu cara paling mudah untuk mengetahui kapan motor sudah perlu diservis adalah dengan mengecek kilometer. Jika kilometernya sudah melebihi dari batas servis artinya motor Anda sudah layak untuk masuk bengkel. Menurut ahlinya, motor trail yang digunakan secara harian sudah harus diservis setiap menginjak 2000 km, jadi jangan malas ya.

 

 

comments

`