TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME TRIAL GAME

0

Loading ...

Komparasi Dua Motor Adventure 250cc

Teknis Kendaraan 14.06.2022

Komparasi Dua Motor Adventure 250cc


Segmen motor adventure bermesin 250cc semakin banyak pilihannya setelah setelah KTM 250 Adventure resmi dijual di Indonesia. Kedatangannya tentu jadi alternatif lain selain Honda CRF250 Rally yang beberapa tahun belakangan ini memang jadi primadona. Nah jika demikian tentu yang dinanti adalah perbandingan head to head dari keduanya, mana lebih unggul, mana yang memiliki flaw serta apa yang membedakan satu sama lain? Simak ulasan lengkapnya

Yang pertama diperbandingkan tentu adalah desainnya. Tampilan kedua motor ini memiliki perbedaan signifikan. KTM 250 Adventure lebih menyasar konsumen yang suka motor petualang sporty, sementara Honda CRF250 Rally lebih memikat bagi yang suka tampilan motor ala dakar. KTM 250 Adventure tampil sangat agresif berkat penggunaan bodi dan sudut yang tajam. Lihat saja bagian bodi tangkinya, sisi samping punya DNA layaknya motor sport naked. Kemudian untuk sektor mesin sengaja diperlihatkan sangat jelas dan mempertahankan sasis teralis yang membuatnya tampil lebih kekar.

Sementara Honda CRF250 Rally kental dengan nuansa motor adventure ala dakar. Hal itu terlihat dengan pengaplikasian windshield atau windscreen besar pada bagian depan dan jarak suspensi depan yang lebih dibuat sedikit panjang.

Bersaing di segmen motor petualang, tentu sektor kaki-kaki jadi faktor yang sangat penting. Di haluan depan, KTM 250 Adventure mengemas jenis suspensi upside down garapan WP Apex dengan diameter 43 mm. Sementara di belakang juga menggunakan vendor WP Apex yang diklaim memiliki redaman yang baik. Dia menggunakan velg berjenis racing (cast wheel) dengan lingkar yang berbeda. Di depan pakai ukuran 19 inci dengan profil ban 100/90 sementara di belakang menggunakan ukuran 17 inci dengan ban ukuran 130/80. Visual ban yang dipakai pun ala motor petualang mengkotak dengan profil yang rapat.

Sama dengan KTM 250 Adventure, Honda CRF250 Rally juga menggunakan suspensi depan berjenis upside down ukuran 43 mm dan dibelakang pakai monoshock yang seluruhnya buatan Showa. Nah, untuk velg lebih besar ternyata, dia pakai ukuran 21 inci berprofil ban 80/100 di depan dan 19 inci dengan profil ban 120/80 di belakang dengan roda berjenis jari-jari.Sistem Pengereman

Untuk peranti deselerasi, KTM 250 Adventure memilih menggunakan pengereman cakram tunggal 320 mm serta 230 mm di belakang. Pengereman sudah terintegrasi dengan dual ABS sehingga lebih aman dan nyaman. Adapun untuk Honda CRF250 Rally juga menggunakan cakram tunggal di depan berukuran 296 mm dengan kaliper 2 piston dan 230 mm di belakang dengan 1 piston yang sudah dual ABS.

Terkait fitur, KTM 250 Adventure punya poin plus karena lebih banyak opsinya. Dia sudah dibekali dengan dengan panel instrumen TFT, lampu DRL, traction control, assist & slipper clutch, dan pengaturan ABS (off road & on road).  Sementara Honda CRF250 Rally sudah menggunakan lampu dual LED pada bagian depan, digital panel meter dan adjustable windscreen, ABS, dan assist and slipper clutch.

Berbicara mengendai dimensi, mengacu pada laman resmi KTM Indonesia, 250 Adventure memiliki total panjang 2.154 mm, lebar 900 mm, dan tinggi 1.263 mm. Jarak sumbu rodanya berada di 1.430 mm, jarak terendah ke tanah 200 mm, dengan tinggi kok mencapai 855 mm. Bila punya rencana membawa motor ini touring, jangan khawatir dia memiliki kapasitas tangki BBM sampai 14,5 liter. Nah untuk Honda CRF250 Rally sedikit lebih besar untuk dimensinya. Dia memiliki panjang 2.230 mm, lebar 920 mm, dan tinggi 1.415 mm. Jarak sumbu roda di 1.455 mm, jarak terendah ke tanah 275 mm, dan tinggi jok di 885 mm. Adapun untuk volume tangki BBM-nya bisa menenggak bensin sampai 12,8 liter.

Lanjut ke perbandingan dapur pacu nih, semakin menarik perbandingannya. KTM 250 Adventure dijejali mesin berkubikasi 248,76 cc 1-silinder DOHC, 4 stroke, 4 valve berpendingin cairan. Sistem bahan bakar injeksi dan sudah memenuhi standar emisi BS VI (Euro 6). Ia mampu menghasilkan tenaga maksimal 29,5 daya kuda pada 9.000 RPM dan torsi 24 Nm pada 7.500 RPM. Dayanya disalurkan ke roda belakang dengan manual 6-percepatan.

Sementara Honda CRF250 Rally di pasar Indonesia menggunakan mesin berkapasitas 249,6 cc, 4-tak, 1-silinder, DOHC, berpendingin cairan, dan berpengabut injeksi. 249,6 cc, 4-tak, 1-silinder, DOHC, berpendingin cairan, dan berpengabut injeksi. Lantas racikan mesin itu mampu menghempaskan tenaga maksimal 25,3 daya kuda pada 8.500 rpm dan torsi 23,1 Nm di 6.500 rpm yang disalurkan lewat transmisi 6-percepatan. Oh iya menyoal bobot keduanya, KTM 250 Adventure sedikit lebih berat yakni 156 kilogram dan Honda CRF250 Rally memiliki bobot 152 kilogram.

Nah lantas mana yang lebih unggul? Di atas kertas KTM 250 Adventure sedikit lebih unggul ketimbang CRF250 Rally. Dari segi fitur pun, merek motor Austria ini lebih menang dibandingan Honda. Tapi dari segi kaki-kaki, Honda CRF250 Rally menang di sektor ini. Racikan suspensi dan lingkar roda membuatnya lebih andal ketika diajak riding berbagai medan. Nah tentu saja keputusan terakhir ada di tangan Anda sang pemilik keputusan yang bakal meminang salah satu dari dua motor ini.

Berita terkait

News
Teknis Kendaraan 15.02.23

Kenalan Dengan Ban Balap Kelas..

Ini Ban Supermoto Yang Banyak Dipakai Pebalap Dunia Banyak ban yang beredar saat ini menawarkan beragam kelebihannya. Masing-masing mengklaim lebih...

News
Teknis Kendaraan 14.02.23

Pembaruan Mutakhir Motor Adventure Italia!

Pembaruan Mutakhir Motor Adventure Asal Italia Pabrikan motor asal Italia, Ducati baru-baru ini meluncurkan pembaruan dari salah satu motor adventure...

News
Teknis Kendaraan 13.02.23

Komponen Rem Kelas Sultan!

Komponen Pengereman High End Supermoto Buat Anda yang memodifikasi motor trail menjadi supermoto, perubahan pada kaki-kaki tentu saja hal yang...