caption trialgame

KTM Garap Serius Motor Adventure Mesin Besar

Wednesday, 14 October 2020

KTM Garap Serius Motor Adventure Mesin Besar


Motor adventure bermesin besar mulai mendapat perhatian lebih dari pada produsen motor. Jika dulu motor jenis ini hanya dikeluarkan untuk event-event tertentu, kini pabrikan mulai berani memproduksi massal motor jenis ini kendati dalam jumlah yang belum terlalu banyak juga.

Salah satu motor adventure yang segera dirilis adalah All-New KTM 890 Adventure Rally. Motor ini diklaim sebagai motor adventure yang memiliki tingkat eksklusivitas baru dan tinggi, karena hanya diproduksi sebanyak 700 unit saja. All-New KTM 890 Adventure Rally (R) rupanya merupakan seri 790 Adventure yang di-upgrade, sehingga, untuk tampilan luarnya sekilas tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya.

Untuk model ini KTM telah meningkatkan frame kit-nya demi mengurangi bobot. Sub-frame-nya baru dan menggunakan inti aluminium. KTM juga telah menggunakan sistem elektronik versi terbaru untuk seri ini, seperti ABS, kontrol traksi, dan sistem cruise control.

Dengan menggunakan mesin 2-silinder berkapasitas 889 cc yang telah diperbesar baik bore maupun stroke-nya, motor satu ini pun mampu menghasilkan output 103 bhp. KTM juga mengklaim telah memperbaiki transmisinya agar lebih cepat dan mulus.

Unit ini juga dilengkapi dengan fitur mode berkendara rally, dengan fitur quick shifter naik/turun 2 arah, pelindung tangki karbon, pipa knalpot Akrapovic yang 35% lebih ringan. Untuk bagian kaki-kaki, All-New KTM 890 Adventure Rally (R), mengadopsi suspensi dari garpu USD WP XPLOR 48 mm, bertravel 240 mm, sementara shockabsorber WP XPLOR PDS 240 mm di belakang yang bisa disetel. Namun, untuk pengeremannya masih sama seperti yang ada di 790 Adventure.

Nah seperti sudah disebutkan, KTM hanya memproduksi 700 unit saja. Hingga saat ini memang , KTM belum merilis harga jual dari motor ini. Namun dengan jumlah unit yang terbatas serta spesifikasi yang cukup tinggi, rasanya harga jual motor ini bakal fantastis sih. Dan sepertinya kemungkinan kecil untuk berharap motor jenis ini beredar secara resmi di Indonesia.

 

comments

`