caption trialgame

Merubah Supermoto Menjadi Motor Trail Offroad

Wednesday, 6 November 2019

Modifikasi motor trail menjadi supermoto adalah hal yang lumrah terjadi. Biasanya para penggguna motor trail ingin agar motor trail kesayangan mereka bisa digunakan untuk kegiatan harian. Bagaimana jika dilakukan sebaliknya? Merubah supermoto atau motor trail dual sport menjadi sebuah tunggangan offroad yang handal bukanlah sekedar mengganti ban saja lho.

Kendati motor trail dual sport secara kasat mata sudah memiliki ciri-ciri fisik layaknya motor trail biasa, namun trail jenis ini ternyata masih belum maksimal untuk diajak berpetualang di jalur tanah, apalagi jalur yang ekstrem.

Rata-rata motor trail dual sport yang beredar di Indonesia memiliki kapasitas mesin 150cc, dan pabrikan motor juga menset agar motor trail jenis ini nyaman digunakan di jalan raya untuk aktivitas sehari-hari. Tak heran jika kemudian performanya saat diajak bermain offroad, tidak maksimal.

Ada tips serta ubahan komponen motor trail dual sport yang bisa Anda lakukan agar perfomanya galak di medan offroad. Seperti sudah disebutkan yang utama tentu adalah mengganti ban khusus offroad. Sudah pasti ban supermoto atau ban bawaan pabrik motor trail dual sport tidak handal untuk mendapatkan gigitan traksi di medan offroad.

Oh iya jangan lupa juga untuk menambahkan rim lock di dalam pelek tersebut. Rim lock berfungsi untuk mengunci pelek dengan ban dalam dan ban luar.Komponen ini akan bekerja ketika ban berada dalam kondisi kurang angin atau kempis.Fungsinya penting supaya pentil ban dalam tidak robek dan ban dalam tidak hancur karena gesekan pelek dan ban luar saat ban kempis .

Jika memungkinkan ganti pelek motor trail Anda dengan ukuran untuk pelek belakang 18 inci dan pelek depan 21 inci. Penggantian pelek bertujuan agar motor lebih tinggi, sehingga layak menghindari benturan mesin dengan batu, akar pohon atau bisa untuk menghindari genangan air.

Selanjutnya Anda perlu mengganti sprocket gear standar dengan ukuran yang lebih besar. Ukuran bawaan pabrik biasanya adalah 14/47, untuk mendapatkan akselerasi yang enak, kami sarankan untuk mengganti dengan ukuran 14/55. Nah kini tunggangan Anda sudah layak untuk bertempur di medan offroad.

Image credit : rideapart.com

comments

`