caption trialgame

Mubazir Fitur ABS pada Motor Trail!

Tuesday, 17 May 2022

Mubazir Fitur ABS pada Motor Trail!


Pabrikan otomotif selalu berlomba memberikan inovasi pada produk-produk mereka untuk membedakan dan memberikan nilai jual lebih dibandingkan kompetitornya. Nah salah satu fitur yang hampir digunakan oleh semua pabrikan otomotif adalah Anti Lock Braking System atau yang biasa dikenal dengan istilah ABS.

Sistem ABS berfungsi untuk mengunci roda saat melakukan pengereman mendadak (panic brake) saat pengendara akan menginjak atau menarik rem secara keras. Ada beberapa kelebihan sistem ABS, salah satunya adalah membuat pengendara dapat menjalankan pengereman tanpa menyebabkan roda

Anti-lock Brake System (ABS) adalah sistem pengereman yang dikontrol secara hidrolik. Sistem ini menggunakan suatu unit komputer actuator yang berguna untuk mengendalikan tekanan hidrolik yang menuju ke disc brake caliper.  berfungsi untuk mencegah rem mengunci (locking) pada saat pengereman mendadak yang berpotensi mengakibatkan roda tergelincir (slip).

Namun, tahukah Anda ternyata motor dengan sistem pengereman ABS konon tidah handal untuk diajak offroad, oleh karena itu, tidak heran jika fitur ini jarang ditemui pada motor trail. Fitur ABS sendiri  memang bukan dirancang untuk trek off-road. Fitur keamanan tersebut malah lebih optimal ketika digunakan di jalanan aspal.  Belum lagi trek offroad yang biasanya tidak terlalu panjang, membuat fungsi ABS seolah percuma karena minim sekali melakukan akselerasi dengan kecepatan tinggi.

Fungsi rem ABS yang mencegah roda terkunci justru jadi mubazir jika diajak ''garuk tanah.'' Sebab, ABS justru menghalangi daya cengkeram roda untuk mencengkeram permukaan. Pada lintasan offroad, biasanya permukaannya tidak rata dan biasanya tanpa fitur ABS pun sudah cukup untuk melakukan pengereman yang layak.

Motor trail malah membutuhkan roda yang terkunci supaya dapat berhenti di jalan berbatu maupun berpasir. Nah jika dipaksakan makan rem ABS malah bisa menjadi penghalang bagi motor trail agar mudah dikontrol dengan tepat di jalur tanah.

Memang ada salah satu motor adventure yang memiliki fitur ini yaitu Honda CRF1100L Africa Twin, naun motor ini dilengkapi dengan sistem ABS dual-channel.  Artinya sistem ABS pada motor adventure kelas atas Honda ini menawarkan dua pengaturan, yaitu on-road dan off -road. Untuk off-road, fitur ABS pada roda belakang dapat dimatikan sepenuhnya. Untuk motor trail yang umumnya dijual di Indonesia, memang belum menggunakan fitur ini.

 

comments

`