caption trialgame

Optimalkan Performa Motor Trail Standar Pabrik

Wednesday, 13 July 2022

Optimalkan Performa Motor Trail Standar Pabrik


Menilik sedikit sejarahnya, Kawasaki KLX150 merupakan pionir di era motor dual purpose modern.  Memulai kiprahnya di 2009, popularitasnya langsung melejit seiring kian beragamnya segmentasi motor. Popularitas ini dinikmatinya sendirian, lantaran pabrikan jepang lain seperti Honda dan Yamaha belum terbesit untuk merilis jagoannya.

Dari sisi desain, motor trail produksi KMI tersebut memang cukup menggiurkan. Bodinya ramping, dengan ketinggian jok yang rendah, membuat kuda besi ini mudah untuk ditunggangi. Selain itu terdapat pula penggunaan ban off-road pada kedua rodanya. Ditambah lagi kehadiran mesin berkapasitas 144 cc SOHC, yang mampu menghasilkan torsi puncak 11,3 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 11,83 hp pada 8.000 rpm.

Sayangnya fitur-fitur modern belum tersemat di motor ini. Sebut saja instrument cluster masih analog, begitu juga pada sistem pencahayaan yang tidak menggunakan LED. Nah jika Anda memiliki motor trail jenis ini, perubahan apa saja sih yang bisa dilakukan agar bisa tampil optimal di medan offroad? Simak

Pemilik KLX150 standar pasti belum puas dengan kaki-kaki yang tersemat di KLX150. Untuk kaki depan (fork) bisa mengganti dengan model teleskopik dengan travel lebih jauh ataupun dengan diameter lebih besar. Bukan kosmetika semata tentunya, daya jelajah KLX dipastikan jadi lebih tangguh. Mau yang lebih mumpuni, bisa pilih model fork upside down. Biasanya fork jenis ini bukan cuma lebih bisa diandalkan, namun banyak settingan yang bisa didapat. Siapkan saja budget mulai Rp 1,5 hingga Rp 5 juta tergantung merek dan model fork yang Anda mau. Kaki belakang KLX juga menarik untuk dimodifikasi. Lantaran swingarm belakang terbilang cukup kurus, banyak yang memilih untuk menggantinya dengan bentuk yang lebih kekar. Tak sedikit pula yang memilih memadupadankan swingarm dari motor lain yang lebih besar demi memasang ban yang lebih tangguh.

Kemudian mesin 144 cc 1-silinder dengan sistem asupan bahan bakar bermodel karburator sering jadi sasaran utama modifikasi para pemilik Kawasaki KLX150. Unit SOHC 2-klep ini memang mudah untuk dioprek. Bahkan banyak parts aftermarket yang dijual paketan demi mengakomodir kebutuhan para pemilik. Sebut saja paket naik cc ke 188 dari BRT yang terdiri dari piston bore up, kruk as, head silinder dan noken as. Dari situ tenaga dan torsi yang lebih tinggi bisa diekstrak. Masih kurang? Anda bisa menaikkannya ke level 220 cc, dengan opsi pake bore up yang tersedia.

Sistem asupan bahan bakar ke mesin dari Kawasaki KLX150 memang masih sangat konvensional. Sistem karburator yang mengandalkan kontrol mekanis sangat bergantung pada ukuran skep / spuyer dan bukaan yang diatur secara manual. Jadi di setiap perubahan medan atau lingkungan, perlu dilakukan setting ulang. Bahkan ketika menginginkan performa yang berbeda, kerap kali dibutuhkan penggantian suku cadangnya. Ada beberapa opsi karburator dengan ukuran 28 mm namun dengan performa berbeda yang bisa Anda pilih, mulai dari UMA Racing dan Koso ataupun Keihin dengan diameter berbeda.

Merevisi sedikit sektor transmisi Kawasaki KLX150 di bagian Final Gear juga bisa mengubah karakter pengendaraan sang kuda besi. KLX diracik dengan rasio standar 44/14 (KLX150) dan 47/14 (KLX150L). Rasio ini memang diperuntukkan untuk medan menanjak tajam dengan elevasi yang rendah dan jarak pendek, agar ia lebih lincah. Jika mau mengubahnya jadi motor adventure yang sigap diajak menanjak panjang, butuh rasio yang berbeda agar tarikannya tak kedodoran. Solusinya mengganti gir yang lebih ringan dengan rasio 50/14 atau 47/13. Jangan lupa ganti rantai yang sesuai juga ya.

Sebagai motor dual purpose, memadupadankan peranti offroad juga bisa jadi aksi modifikasi para pemilik. Tujuannya tak lain tak bukan untuk meningkatkan fungsionalitas motor di aksi penjelajahan. Jenis modifikasinya pun bisa ringan, mulai dari sekadar menambah peranti-peranti bersifat aksesoris seperti tank bag, handguard, ataupun sekadar memasang behel. Untuk penjelajahan yang lebih ekstrem, modifikasi bisa mencakup memasang crash bar hingga mengganti ban dengan tapak yang lebih menggigit.

Nah demikian ubahan yang bisa Anda lakukan jika memiliki motor tipe ini, kami akan membahas perubaha pada motor trail pabrikan lainnya di artikel-artikel selanjutnya ya.

comments

`