caption trialgame

Pedoman Rem Motor Trail Tidak Overheat

Wednesday, 5 October 2022

Pedoman Rem Motor Trail Tidak Overheat


Salah satu proses berkendara yang memiliki peranan krusial adalah pengereman. Pengereman berfungsi untuk menghentikan laju atau mengurangi kecepatan kendaraan Anda. Dan proses penghentian laju kendaraan biasanya menggunakan prinsip dasar gesekan. Nah saat ini terdapat 2 tipe sistem pengereman yang digunakan pada motor trail yaitu rem tromol dan rem cakram

Rem tromol biasanya lebih banyak digunakan pengendara motor trail offroad, karena sistem pengereman tersembunyi dibalik tromol, sehingga tidak mudah kotor saat diajak trabasan. Namun sistem pengerman disc brake lebih banyak digunakan motor trail keluaran terbaru karena lebih menggigit saat melakukan proses pengeraman.

Kedua sistem ini menggunakan prinsip gesekan dan biasanya karena gesekan tersebut maka terkadang rem bisa menjadi panas. Apalagi jika kerja rem berat, seperti di jalanan turun, digunakan untuk kecepatan tinggi, yang bisa menyebabkan kepanasan yang berlebih pada cakram. Panas inilah yang dapat mempengaruhi kinerja rem. Maka dari itu komponen pengereman harus dalam keadaan prima dan dirawat secara berkala.

Kondisi rem yang mengalami overheat tentu amat berbahaya, oleh karena itu jangan menyiram langsung dengan air untuk mendinginkannya ya, apalagi jika motor trail Anda menggunakan rem cakram. Alih-alih membuatnya dingin, malah akan merubah bentuk pada ckrab tersebut.

Lantas apa sih yang harus dilakukan agar rem tidak mengalami overheat ? yang pertama tentu saja adalah penggunaan minyak rem yang sesuai. jika motor trail menggunakan rem cakram pastikan menggunakan minyak rem DOT 3 untuk tipe Non ABS, dan DOT 4 untuk tipe ABS. Jangan lupa untuk mengganti minyak rem setiap 2 tahun sekali atau setelah menempuh jarak 24 ribu kilometer. Pastikan juga Anda selalu melakukan pengecakan pada sistem pengereman agar terhindar dari kebocoran. Dan jika ditemukan kebocoran segera bawa motor trail Anda ke bengkel terdekat ya.

Lakukan juga perawatan  pada master & kaliper. Pada master dan kaliper terdapat komponen seal sebagai perapat dan pengganti pegas. Seal ini dapat menjadi keras yang dapat mengganggu kerja piston pada caliper yang dapat menyebabkan cakram menjadi berat sehingga menimbulkan gesekan dan menjadi panas pada cakram. Karenanya, ganti seal bersamaan dengan penggantian minyak rem. Jika dirasa kampas sudah habis, makan sebaiknya segera lakukan penggantian ya, karena kampas rem yang sudah habis dapat menyebabkan gesekan berlebih sehingga menimbulkan panas yang dapat membuat komponen rem cakram Anda overheat.

comments

`