caption trialgame

Pentingnya Menguras Tangki Bahan Bakar

Thursday, 19 November 2020

Pentingnya Menguras Tangki Bahan Bakar


Sebagai pemilik motor trail, melakukan servis berkala menjadi salah satu yang wajib dilakukan demi menjaga performa kendaraan agar tetap oke saat ditunggangi. Tapi tahukah Anda ternyata ada satu bagian yang kadang diabaikan oleh sebagian besar pemilik motor yaitu menguras tangki bahan bakar.

Menguras tangki BBM memang tidak dianjurkan setiap kali kamu melakukan servis berkala, namun seiring dengan umur kendaraan, tindakan ini wajib dilakukan  untuk menghindari adanya gangguan-gangguan akibat tangki BBM yang tidak pernah dikuras, dan pada akhirnya hal tersebut dapat mengganggu performa dari motor kamu pada saat dikendarai.

Bila Anda tidak menaruh perhatian untuk menguras tangki bahan bakar kendaraannya, praktis hal ini dapat menciptakan gejala tersendat-sendat atau brebet saat motor sedang digas. Salah satu pemicu yang dapat membuat motor brebet adalah adanya kandungan air yang tercampur dengan bensin di dalam tangki BBM. Tak hanya itu, penguapan bahan bakar akibat paparan sinar matahari langsung ke bagian tangki pun bisa menjadi pemicu adanya gangguan motor yang kamu tunggangi menjadi tersendat-sendat. 

Jik diabaikan, nantinya tangki bahan bakar bisa berkarat, dan karat itu akan menjadi kotoran yang dapat masuk ke saringan fuel pump yang membuat aliran bensin menjadi tidak lancar dan tersumbat. Kalau sudah begini, bisa dipastikan kalau motor bisa brebet pada saat digas, dan fatalnya itu bisa membuat tangki menjadi boco.

Proses menguras tangki adalah mengeluarkan seluruh cairan yang ada di dalam tangki, setelah dikeluarkan semua, disitu akan terlihat kalau ada karat didalam tangki, atau ada bensin yang tercampur dengan air. Nah kalau sudah dikuras, tangki akan dibersihkan dan juga dilap, dan kemudian bensin yang masih bagus, bisa dimasukkan lagi ke dalam tangki.

Kendati demikian, Anda harus benar-benar memahami kapan waktu yang tepat untuk menguras tangki bahan bakar motor trail. Disarankan bagi Anda yang menggunakan motor trali untuk kegiatan harian, sebaiknya menguras setiap 5 ribu kilometer. Dan jika hanya digunakan sesekali, misalnya waktu akhir pekan saja, sebaiknya setiap tahun sekali melakukan pengurasan.  Anda bisa melakukan sendiri pengurasan tangki bahan bakar, atau banyak bengkel yang menawarkan jasa ini lho. Nah jadi, udah pernah dikuras atau belum nih tangki bahan bakar motor trail Anda?

comments

`