caption trialgame

Perawatan Ideal Kabel Kopling

Monday, 22 April 2024

Perawatan Ideal Kabel Kopling


Salah satu komponen penting pada motor trail Anda adalah perangkat kopling, jika perangkat ini bermasalah sudah pasti Anda bakal kesulitan menjalankan motor trail Anda. Kopling sendiri terdiri dari beberapa komponen, di antaranya tuas kopling, kabel kopling, clutch adjuster hingga ke bagian dalam mesin seperti per dan kampas kopling. Motor trail akan bekerja optimal jika semua bagian kopling dalam keadaan prima. Namun  ada kendala yang biasa dihadapi oleh pemilik motor trail adalah kampas kopling yang aus dan yang seringnya  kabel kopling putus.

Kabel kopling terdiri dari kawat sling yang dibungkus dengan selang fleksibel, komponen ini berfungsi sebagai penghubung antara tuas kopling dengan release fork pada bagian mesin untuk mengatur fungsi kopling sebagai penyalur tenaga.

Kabel kopling putus biasanya diakibatkan karena karat pada bagian selang, bisa juga karena setelan yang tidak tepat atau juga karena kabel yang terjepit sehingga membuat kinerja kabel kopling tidak bekerja dan terhambat. Sebenarnya,  kendala tersebut tidak akan terjadi,  jika  Anda rajin merawat bagian kabel kopling.  Lalu gimana sih emang cara perawatannya?

Yang pertama adalah periksa setiap inci bagian kabel kopling. Perhatikan seal di bagian paling atas kabel, karena  jika sobek ini akan menyebabkan air hujan atau kotoran masuk ke dalam kabel kopling. Perhatikan  apakah kabel kopling ada yang tertekuk, sehingga menyebabkan komponen tersebut bolong dan terkelupas.

Jika di bagian dalam kabel kopling terdapat karat dan kotoran, maka kinerja kawat sling bisa tidak bekerja dengan lancar atau macet. Kendala tersebut menjadi penyebab utama kawat sling pada kabel kopling sepeda motor putus.

Untuk menghindari  kendala yang muncul di bagian kabel kopling, ada baiknya, setelah mencuci sepeda motor, pastikan bagian komponen tersebut selalu bersih agar terhindar air dan kotoran masuk ke bagian dalam kabel kopling.

Kemudian selalu beri cairan pelumas pada bagian dalam kabel kopling, tentunya agar terhindar dari karat dan kawat kopling bekerja lancar ketika digunakan. Selalu perhatikan letak kabel kopling pada posisi yang sudah disesuaikan. Jangan tertekuk, menempel pada bagian mesin atau menempel pada bagian ban depan.

Anda tidak perlu melakukan perawatan di atas setiap minggu, satu bulan sekali saja rasanya cukup kok, jadi tidak terlalu banyak menyita waktu kan, jangan malas ya.

comments

`