caption trialgame

Pesona Motor Trail Asal Britania

Wednesday, 30 January 2019

Eropa dikenal sebagai salah satu produsen motor trail di dunia. Nah dari dataran Inggris, biasanya para penggemar motor trail mengenal Triumph sebagai pabrikan tenar asal tanah Britania yang rutin merilis beragam jenis motor trail dan adventure.

Tapi belum lama ini salah Triumph, mendapatkan saingan dari dalam negeri sendiri saat CCM Motorcylces memutuskan untuk berkiprah di dunia motor adventure. CCM bukanlah brand besar macam Triumph yang produknya sampai mana-mana, termasuk Indonesia. Jumlah produk yang dikeluarkan oleh CCM masih sedikit dan rata-rata cukup segmented.

Salah satunya di segmen motor adventure, CCM punya produk bernama CCM GP450. Ini dibagi lagi menjadi tiga varian, yaitu CCM GP450 RS, CCM GP450 S, dan CCM GP450 Adventure. Pada dasarnya semua varian itu menggunakan basis frame dan spesifikasi mesin yang sama persis!

Dari sisi desain, CCM GP450 series memang bergaya motor trail tapi lebih condong seperti motor yang dipakai di ajang balap rally. Modelnya ramping, jok tinggi dan rata, ground clearance tinggi, travel suspension panjang, ban ring 18-21 inch, serta dilengkapi dengan fairing dan windscreen khas motor rally/adventure. Motor ini juga sudah dilengkapi dengan bracket untuk membawa hard luggage maupun soft luggage.

Untuk urusan mesin, CCM GP450 series menggendong mesin berkapasitas 449,5 cc, satu silinder, DOHC, 4-stroke, dan berpendingin radiator yang dicangkokkan sistem pembakaran injeksi dan transmisi manual 5-percepatan. Mesin motor ini menggunakan klep dari bahan dasar titanium, membuat letupan tenaga dan torsinya lumayan bengis. Mesin CCM GP450 series sanggup memuntahkan tenaga sebesar 40,23 HP di putaran mesin 7.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 42,8 Nm di putaran mesin 6.500 rpm. Ciri khas motor satu silinder banget nih, torsi mesinnya begitu gede. Dijamin tarikan CCM GP450 sangat kuat.

Sedangkan top speed CCM GP450 series diklaim bisa tembus 145 km/jam. Walaupun performanya tergolong bengis dengan kapasitas mesin lumayan besar, tapi ternyata konsumsi bahan bakar CCM GP450 series nggak buruk-buruk amat. Satu liter bensin bisa dipakai untuk menempuh jarak 22,2 km. Lebih menarik lagi karena motor ini punya interval servis yang panjang. Pemilik cukup melakukan servis CCM GP450 setiap 8.000 km sekali.

Dengan menggunakan frame dan swing arm aluminium bobot total motor trail ini hanya 125 kg saja. CCM GP450 juga dilengkapi dengan suspensi upside down 47 mm di bagian depan, suspensi belakang mono shock dengan linkage system, rem buatan Brembo, ban Dunlop Trailmax, dan tangki bahan bakar berkapasitas 20 liter yang membuat rider bisa menggeber motor ini lebih dari 400 km dalam satu kali pengisian bahan bakar.

Hadirnya CCM tentu menambah deretan panjang motor trail asal Eropa yang memilii durabilitas serta tenaga yang lebih sangar dibandingkan pabrikan lainnya. Menarik untuk ditunggu apakah CCM bisa mengharubirukan industri motor trail tanah air.

comments

`