caption trialgame

Rahasia Jaga Karburator Motor Trail

Tuesday, 28 June 2022

Rahasia Jaga Karburator Motor Trail


Motor trail jaman sekarang biasanya sudah menggunakan sistem injeksi, namun masih ada beberapa pabrikan seperti Kawasaki dan Suzuki yang tetap setiap menggunakan karburator pada sistem mesinnya. Nah masalah yang sering terjadi motor bersistem bahan bakar karburator adalah terjadi banjir atau bisa dikatakan sebagai rembesan bensin pada karburator. Apabila masalah tersebut dibiarkan saja, tentu akan menggangu performa sepeda motor.

Konon sebenarnya karburator banjir tidak akan menganggu kinerja mesin. Namun apabila bensin mengucur terus, maka bahan bakar akan terbuat sia-sia. Oleh karena itulah Anda wajib mengetahui apa saja penyebabnya dan mengetahui cara memperbaiki karburator banjir.

Ada beberapa penyebab karburator banjir, seperti usia pakai karburator yang terlalu lama dan tidak dipernah diservice. Padahal karburator berperan sangat penting terhadap sistem pembakaran motor, jadi sobat harus selalu memperhatikannya agar performa motor selalu terjaga.

Penyebab karburator banjir yang paling umum terjadi adalah kesalahan dalam merakit karburator setelah servis atau dari pabrikannya. Biasanya jika Anda servis ke bengkel bukan resmi, perakitan yang tidak tepat sering terjadi.

Karburator yang banjir biasanya terdeteksi dengan tetesan bensin dari karburator, soalnya karburator itu tidak boleh ada tetesan atau rembesan. Karena ada tetesan atau bensin yang keluar dari area karburator yang tidak muat menampung itu makanya disebut karbu banjir.

Selain tidak terpasang dengan benar, penyebabnya lainnya adalah karena ada komponen di karburator yang sudah aus.  Biasanya ada seal yang sudah tua dan rusak jadi bensin bisa rembes. Selain itu penyebab karburator banjir bisa juga diakibatkan oleh kerusakan kran bensin di model vakum dimana bensin yang mengalir ke karburator terlalu banyak dan tidak terkontrol.

Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Anda bisa melakukan pembongkaran agar dapat mengetahui dimana yang mengalami kerusakan atau karena salah seting, kemudian cek bagian nedle valve atau sistem pelampung supaya dapat bekerja seperti semula.

Lepaskan mangkuk karburator yang terletak dibawah karburator, kemudian cek apakah pelampung masih layak dipakai atau tidak. Lalu cukup menekan pelampung ke bawah dengan hati-hati karena apabila berlebihan dapat mengakibatkan kebengkokan pada lengan nedle valve, pastikan mengecek kondisi nedle valve memiliki permukaan rata. Kalo gak mau repot, cukup bawa ke mekanik kepercayaan Anda saja.

comments

`