caption trialgame

Rider, Waspada Gejala Gangguan Segitiga Motor Ya!

Wednesday, 12 May 2021

Rider, Waspada Gejala Gangguan Segitiga Motor Ya!


Segitiga motor merupakan bagian penting pada motor yang berfungsi untuk menyangga suspensi depan dan dudukan pada komstir. Letaknya yang berada di bagian depan membuatnya berperan penuh dalam mengendalikan arah motor. Jika bagian ini bermasalah, maka harus segera diperbaiki. Penyebab utama komponen ini bengkok atau rusak tidak melulu timbul karena menabrak atau kecelakaan, tapi juga beragam hal lainnya seperti sering menghantam handicap keras seperti batu atau pohon saat trabasan.

Lalu gejala-gejala apa sih yang bisa dilihat jika komponen tersebut pada motor bermasalah ? jangan khawatir kami akan berikan penjelasannya ya. Gejala awal yang dapat dirasakan yaitu setir motor terasa berat sebelah dan susah dibelokkan. Kondisi seperti ini membuat komponen ini tidak bekerja secara maksimal, sehingga Anda akan kesulitan saat mengarahkan atau mengendalikan posisi kendaraan.

Kemudian kondisi stang stir yang bergetar juga bisa menunjukkan bahwa komponen tersebut sedang bermasalah. Getaran pada stang stir ini akan membuat tidak nyaman dan laju motor menjadi tidak lancar atau tersendat-sendat. Bagian pelor bearing lama-kelamaan juga akan longgar karena getaran stang stir bisa membuat bagian lainnya menjadi tidak rapat lagi. Stang yang oblak tersebut membuat kerjanya tidak stabil sehingga posisinya tidak bisa lurus dan susah diarahkan.

Ciri lain yang bisa dilihat yaitu munculnya suara kasar yang timbul dari bagian motor, terutama bagian komstir. Suara kasar dan gemeretak seperti getaran ini akan lebih terdengar jika Anda melewati jalan bergelombang atau berlubang. Kondisi seperti ini pasti sangat tidak nyaman.  Suara tersebut timbul akibat bagian-bagian komstir depan yang sudah longgar. Oleh karena itu, perlu dirapatkan lagi. Biaya untuk merapatkan bagian motor tersebut juga tidak terlalu mahal, yang penting kondisi motor bisa kembali seperti semula.

Dan gejala terakhir adalah rem blong. Hal ini juga bisa mengindikasikan adanya masalah pada komponen ini. Bagaimana bisa? Hal tersebut karena saat komponen ini rusak akan menimbulkan gap atau jarak saat sedang menggunakan rem depan. Adanya gap atau jarak tersebut membuat pengereman tidak lagi mencengkram. Jika mengalami beberapa gejala tersebut, sebaiknya segera melakukan perbaikan ke bengkel resmi terdekat atau tukang bubut.

comments

`