caption trialgame

Salah Kaprah Penggunaan Riding Gear

Thursday, 15 October 2020

Salah Kaprah Penggunaan Riding Gear


Yang namanya riding gear, sudah pasti harus selalu dipakai setiap berkendara. Alasan utama penggunaan riding gear adalah melindungi Anda jika terjadi kecelakaan. Apalagi jika Anda gemar melakukan trabasan, maka penggunaan riding gear adalah hal yang mutlak demi menjaga keselamatan Anda.

Riding gear standar saat trabasan adalah helm, sepatu boot, sarung tangan, pelindung lutut dan siku. Anda juga bisa menambahkan body protector atau neck brace jika dirasa perlu. Secara bentuk dan tampilan, riding gear untuk offroad tentu berbeda dibandingkan dengan yang dipakaiuntuk kebutuhan balap di sirkuit aspal.

Seperti sarung tangan atau gloves, dapat melindungi tangan dari objek sekitar dan vibrasi atau goncangan tangan dengan stang kemudi motor.Bukan hanya buat gaya, sepatu boot yang menutupi kaki hingga lutut jadi hal wajib karena dapat melindungi dari objek seperti batu kerikil atau pepohonan.

Nah yang sering salah kaprah cara penggunaannya adalah pelindung lutut dan siku. Sesuai namanya piranti ini digunakan untuk melindungi dua anggota tubuh dari resiko cedera saat trabasan, tapi masih banyak yang salah kaprah tentang penggunaan keduanya lho.

Tidak jarang kita melihat beberapa pengendara menggunakan dua pelindung ini pada bagian luar. Alasannya beragam, ada yang malas menggunakan pada bagian, ada yang ingin terlihat keren karena pelindung menjadi terlihat orang dan ada yang merasa tidak nyaman dengan menggunakan pelindung di bagian dalam.

Penggunaan pelindung pada bagian luar justru membuatnya tidak efektif bekerja dan tidak bisa melindungi benturan. Bagian protector bisa bergeser akibat benturan dan bukannya melindungi malah bisa-bisa menambah cedera jika terjadi kecelakan. Nah sebaiknya gunakan pelindung siku dan lutut pada bagian dalam jersey atau baju Anda ya, sehingga perlindungan terhadap anggota tubuh Anda menjadi optimal.

comments

`