caption trialgame

Serba-Serbi Rumah Kopling Motor Trail

Monday, 13 July 2020

Serba-Serbi Rumah Kopling Motor Trail


Motor trail layaknya kendaraan lainnya, memerlukan perawatan secara berkala. Karena jika diabaikan sudah pasti komponen-komponen motor akan cepat rusak dan ujungnya performa motor tidak akan optimal. Salah satu komponen yang sering luput dari perhatian adalah rumah kopling. Rumah kopling berfungsi sebagai komponen bergerak yang memindahkan daya dari sektor mesin hingga ke roda, performanya harus diperiksa secara berkala.

Rumah kopling, yang berisi komponen plat gesek, kampas kopling, per kopling dalam satu komponen justru memiliki bagian yang sering terabaikan, yakni rumah kopling atau mangkok kopling itu sendiri.

Pada rumah kopling ada 2 komponen yang sering mengalami masalah, yaitu damper rumah kopling rusak atau aus. Sedangkan damper ada yang memakai bahan karet, ada juga yang bahan per alias pegas. Sebagai komponen bergerak damper berfungsi sebagai penahan hentakan antara gir sekunder dan rumah kampas saat naik dan turun gigi persneling. Gejala kerusakan terasa saat ngopling naik gigi kala berakselerasi, akan ada jeda tenaga dari mesin yang terlambat disalurkan ke final gir.

Lantas bagaiman cara mengetahui jika rumah kopling bermasalah? Sebenernya mudah saja sih, jika ada kerusakan maka akan terdengar ada suara berisik di bagian kopling. Ketika tuas ditekan penuh suara yang ditimbulkan akan berkurang, begitu dilepas, akan berisik.  

Lakukan pengecek kondisi fisik dengan cara menggerakkan rumah kopling maju mundur. Kalau masih bagus posisi gir sekunder dan rumah kopling bisa main atau memiliki toleransi normal, tapi akan kembali ke titik semula.

Biasanya karena usia pakai, celah antara mangkok rumah kopling dan kampas kopling semakin besar karena gesekan. Kampas kopling jadi terlalu banyak jarak main. Gejala terasa saat tuas kopling ditarik dan dilepas, ada suara seperti ada bagian yang bergerak di bagian kopling.

Efeknya mirip  dengan kampas kopling tipis, yaitu susah oper gigi, ditarik penuh susah masuk gigi, harus sambil dilepas perlahan baru mau masuk gigi. Cek fisiknya mudah, dengan melihat bagian yang bersentuhan dengan kaki kampas kopling pasti termakan lebih dalam. yuk cek rumah kopling motor trail Anda, untuk mencegah terjadinya kerusakan.

 

comments

`