caption trialgame

Siapa Bilang Merawat Motor Trail Sulit ?

Tuesday, 5 October 2021

Siapa Bilang Merawat Motor Trail Sulit ?


Motor trail memang banyak mengidamkan, bukan hanya penggemar trabasan,  pengguna motor harian pun banyak yang ingin menggunakannya. Maka dari itu, saat ini banyak pabrikan motor trail merilis versi dual sport motor trail mereka, untuk menjaring pasar ini.

Namun tidak sedikit juga yang kemudian mengurungkan niat untuk membeli motor trail karena alasan perawatan motor ini sulit dan rumit. Padahal hal ini hanya mitos belaka lho. Motor trail yang merupakan motor kopling tidak memiliki persyaratan yang rumit saat perawatan.  Ada 4 hal sederhana saja yang sebernanya harus dilakukan bagi para pemiliki motor trail, agar tunggangan kesayangan mereka selalu awet. Apa saja sih itu? Simak ulasannya ya.

Yang pertama adalah melakukan pengecekan pada  kampas kopling. Hal ini menjadi suatu keharusan yang dilakukan pengendara motor mesin kopling. Kampas kopling yang bermasalah dapat mengganggu kinerja mesin saat melakukan langkah perubahan transmisi. Perubahan gigi atau tranmisi akan tersendat sehingga memengaruhi laju motor. Pentingnya melakukan pengecekan pada kampas kopling untuk menjaga kelancaran saat berkendara. Jika kampas sudah aus atau terkikis, segeralah ganti di bengkel resmi.

Kadang, ketika menggunakan motor mesin kopling, tarikan pada kopling terasa berat. Hal ini umum terjadi lantaran kabel kopling dalam keadaan kering atau kotor akibat karat dari bahan bagian dalam kabel. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya tuangkan cairan pelumas anti karat ke dalam kabel melalui tuas pada bagian handling kopling. Setalah memasukkan cairan, tarik handing kopling perlahan beberapa kali. Jika tarikan kopling masih berat, tambahkan sedikit lagi cairan pelumas dan tarik kopling perlahan hingga tarikannya terasa enteng.

Yang ketiga adalah mengganti oli dengan rutin. Oli merupakan pelumas yang bekerja untuk memberikan lapisan pada bagian-bagian mesin yang sedang bekerja. Pelapisan mesin dengan oli ini berfungsi untuk memperhalus gesekan antar bagian mesin sehingga mesin akan lebih lembut dan tidak cepat panas. Untuk merawat mesin kopling, kamu harus rutin mengganti oli. Pergantian oli biasanya dilakukan pada 2.000 km perjalanan, atau jika motor sering dibawa trabasan, lakukan pergantian oli sebelum Anda berpetualang.  Motor yang menempuh jarak atau bekerja dengan kerasa seperti saat trabasan, akan memanfaatkan banyak pelumas. Hasilnya, oli pada motor akan menjadi keruh dan semakin kental. Hal ini akan berdampak pada mesin motor yang rusak dan sulit dinyalakan kembali.

Dan yang terakhir adalah menggunakan bahan bakar berkualitas. Bahan bakar berkualitas adalah bahan bakar yang mengandung oktan tinggi, yaitu minimal 92.  Namun, perlu diingat bahwa tidak semua motor disarankan untuk menggunakan bahan bakar beroktan tinggi karena berisiko mesin cepat panas. Namun, motor kopling keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan cairan pendingin sehingga panas mesin karena pembakaran sudah tidak lagi menjadi masalah.

Bahan bakar dengan oktan tinggi mampu melakukan pembakaran yang sempurna sehingga dapat meminimalkan timbal besi yang dibawa oleh bahan bakar. Hal ini akan membuat motor lebih halus dan bertenaga. Nah bagaimana? Tidak serumit yang dibayangkan bukan?

comments

`