caption trialgame

Telisik Cara Kerja Mesin Motor Trail 2-tak VS 4-tak

Monday, 31 August 2020

Telisik Cara Kerja Mesin Motor Trail 2-tak VS 4-tak


Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan motor trail 2-tak dan 4-tak, nah kali ini kami akan membahas mengenai cara kerja dari kedua motor tersebut serta perbedaan dan kelebihan masing-masing. Teknologi mesin 2-tak dan 4-tak merupakan proses penggerak piston pada mesin motor. Mesin 2-tak menggunakan cara yang lebih sederhana yakni hanya perlu dua langkah untuk menggerakkan piston

Lantas bagaimana cara kerja kedua jenis mesin tersebut? Secara umum, saat mesin motor bekerja, baik 2-tak maupun 4-tak, terjadi empat proses yaitu hisap (intake), kompresi (compression), ledak (power), dan buang (exhaust) dalam satu siklus pembakaran.

Pada mesin 2-tak, keempat proses tersebut bisa terjadi dalam satu putaran (360 derajat) poros engkol/kruk as (crankshaft). Dalam satu putaran tersebut piston bergerak dua kali, ke atas dan kemudian ke bawah.Saat piston bergerak ke atas (disebut Tak 1), terjadi proses hisap dan ledak, dan kemudian pada Tak 2, saat piston bergerak ke bawah, terjadi proses kompresi dan pembuangan.

Mesin 2-tak cenderung lebih kecil dan ringan dibandingkan mesin 4-tak, sehingga rasio berat terhadap tenaganya (power to weight ratio) lebih baik dibandingkan mesin 4-tak. Oleh karena itu, seperti dijabarkan dalam situs Fast n Low, akselerasi motor dengan mesin 2-tak menjadi lebih responsif.

Sementara itu pada mesin 4-tak, satu siklus pembakaran terjadi dalam dua putaran (720 derajat) poros engkol. Akibatnya mesin jenis ini kurang responsif namun pembakaran bahan bakar yang terjadi akan lebih efisien.Jenis mesin ini dipandang lebih ramah lingkungan karena hanya memproses pembakaran bensin saja, tidak ada oli samping yang ikut dibakar. Mesin ini mengeluarkan tenaga relatif lebih rendah pada setiap putaran mesin dibandingkan 2-tak.

Pada mesin 4-tak digunakan klep yang digerakan oleh noken as, yang tidak dipakai oleh mesin 2-tak, sehingga semua siklus pembakaran dilakukan lebih sempurna. Oli mesin 4-tak hanya digunakan untuk melumasi keseluruhan mesin dan transmisi.

Kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada motor 2-tak antara lain adalah proses pembakaran terjadi setiap satu putaran poros engkol pada piston, sehingga putaran poros engkol lebih halus dan rata.Motor 2-tak umumnya tidak memerlukan atau tidak memiliki klep. Selain itu komponen suku cadang yang relatif lebih murah.

Momen putaran pada mesin lebih kecil sehingga menghasilkan gerakan yang halus namun dengan tenaga yang lebih besar.Jika dibandingkan dengan motor 4-tak, motor 2-tak biasanya memiliki tenaga yang lebih besar walau kapasitas mesinnya sama.

Pada Motor 4-tak proses pemasukan, kompresi, kerja, dan proses pembuangan biasanya selalu berdiri sendiri sehingga kinerja mesin motor akan lebih lebih presisi, efisien, dan stabil.Karena tekanan lebih kecil dibanding mesin 2-tak, maka pemakaian bahan bakar jadi lebih hemat.Tenaga pada putaran rendah lebih baik serta panas mesin lebih dapat didinginkan oleh sirkulasi oli yang terpisah.Putaran mesin lebih panjang pada rasio pengoperan gigi, sehingga efisiensi tenaga (power) terasa lebih efektif dan optimal.Untuk bagian mesin, umumnya suhu mesin 4-tak lebih dingin ketimbang mesin 2-tak.

comments

`